obat sakit gigi

Infosehat.id – Mungkin setiap orang pernah mengalami sakit gigi selama hidupnya, meskipun itu hanya sekali. Mengalami sakit gigi memang sangat menyakitkan, biasanya sakit gigi dibarengi dengan gusi yang terasa sangat nyeri bahkan hingga sakit kepala. Rasa nyeri akibat sakit gigi akan membuat seseorang kehilangan nafsu makannya. Bagaimana tidak, untuk mengunyah makanan saja  dibutuh perjuangan menahan gigi yang terasa sakit. Ada banyak jenis obat sakit gigi yang beredar di masyarakat, baik itu obat sakit gigi medis maupun obat tradisional. Jika anda sedang mengalami sakit gigi, sebelum anda memutuskan untuk pergi kedokter tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya sendiri sebagai pertolongan pertama. Berikut infosehat.id berikan tips dan cara mengobati sakit gigi dari bahan alami dan medis yang ampuh mengatasi sakit gigi.

Sebelum membahas tentang cara mengobati sakit gigi alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu, apasih penyebab sakit gigi itu??

Penyebab Sakit Gigi

cara mengobati sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, berikut merupakan beberapa penyebab sakit gigi yang paling umu yang perlu anda ketahui:

Gigi Sensitif

Gigi sensitif seringkali menjadi penyebab seringnya seseorang mengalami sakit gigi. Biasanya, seseorang yang memiliki gigi sensitive akan mengalami nyeri setiap kali mengonsumsi makanan panas dan dingin. Gigi sensitif dapat disebabkan karena penipisan enamel gigi atau karena resesi gusi (permukaan gusi terbuka akibat dari garis gusi yang surut). Selain itu, pemasangan aksesoris gigi juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi Berlubang

Selain gigi sensitif, gigi berlubang juga merupakan salah satu penyebab sakit gigi yang paling sering terjadi pada seseorang. Sisa makanan yang tidak berhasil dibersihkan lama kelamaan akan menimbun dan menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Jika tidak segera dibersihkan maka hal itu akan menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Penyakit Gusi

Seseorang yang memiliki masalah dengan gusi akan sangat rentan mengalami sakit gigi. Penyakit gusi biasanya terjadi karena adanya penggumpalan plak pada area sekitar gusi. Hal tersebut dapat mengakibatkan peradangan pada gusi. Peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri dalam plak akan terasa menyakitkan karena gusi akan mengalami pembengkakan, memerah bahkan berdarah. Jika kondisi seperti it uterus berlanjut. Tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami gingivitis.

Karies Gigi

Karies gigi atau gigi busuk adalah salah satu penyebab seseorang mengalami nyeri pada gigi. Karies gigi merupakan awal mula penyebab gigi berlubang. Berawal dari rongga terluar gigi (enamel) yang berlubang dilanjutkan dengan pembusukan yang menembus area email gigi kemudian mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentin).

Dalam karies gigi tingkat lanjut, pembusukan akan terjadi pada bagian paling dalam gigi (pulb), hal ini akan mengakibatkan rasa nyeri yang intens dan tajam. Infeksi dari pembusukan gigi dapat menyebabkan abses (penggumpalan nanah) di bagian bawah akar gigi dan kematian gigi.

Jarang Menyikat Gigi

Ketika seseorang jarang menyikat gigi, maka bakteri serta sisa makanan yang ada pada gigi akan cepat berkembang biak dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Usahakan selau menyikat gigi dua kali sehari.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Hampir semua makanan yang kita temui mengandung gula dan terasa manis. Agar gigi anda tidak mengalami masalah, pastikan untuk selalu mengontrol makanan manis yang anda konsumsi. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, maka bakteri akan semakin nyaman bersarang di mulut anda. bakteri yang berkembang biak di mulut anda akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang dapat mengikis gigi secara perlahan.

Itulah tadi beberapa penyebab gigi sakit pada kebanyakan orang. Hindari hal-hal tersebut agar anda terhindari dari sakit gigi. Jika anda terlanjur mengalami sakit gigi dan sedang mencari obat sakit gigi yang tepat, maka anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami berikut.

 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

1. Garam

mengobati sakit gigi dengan garam

Kandungan sodium pada garam merupakan bahan alami yang dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu garam juga merupakan antiseptic alami untuk mengontrol bau dan kesehatan mulut.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan garam:

Pertama masukkan 2 sdm garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga garam tersebut larut dengan air. Gunakan untuk berkumur setiap kali anda selesai menyikat gigi agar bakteri dalam mulut dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

lemon sebagai obat sakit gigi
289188959

Kandungan asam dalam lemon berfugsi sebagai penyeimbang kadar pH dalam mulut. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri alami yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi menggunakan lemon:

Peras satu buah lemon dan campurkan ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan lemon tersebut sebagai obat kumur secara rutin tiga kali sehari agar bakteri yang ada pada mulut benar-benar hilang.

3. Jeruk Nipis

Seperti halnya lemon, jeruk nipis juga mempunyai kandungan yang sama dengan lemon yaitu sebagai antibakteri alami untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan jeruk nipis:

Peras 2 buah jeruk nipis dan campurkan kedalam segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur secara rutin.

4. Daun Jambu Biji

mengatasi sakit gigi dengan jambu biji

Obat sakit gigi satu ini banyak kita temui di sekitar kita. Selain murah dan mudah didapat, daun jambu biji merupakan obat sakit gigi yang ampuh karena kandungan antibakteri, antiiflamis, dan analgesi yang kuat mampu mengobati sakit gigi yang anda derita.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangatlah mudah. Anda cukup hanya mengunyah daun jambu biji mentah-mentah. Atau anda juga dapat menjadika daun jambu biji sebagai obat kumur, tentu saja dengan cara merebusnya dengan air terlebih dahulu.

5. Belimbing Wuluh

rasa asam pada belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri alami yang efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan blimbing wuluh yaitu dengan cara menumbuk halus 2 belimbing wuluh yang belum matang. Kemudian oleskan hasil tumbukan belimbing wuluh tersebut pada bagian gigi yang sakit.

6. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu resep tradisional yang ampuh sebagai cara mengatasi sakit gigi. Mungkin anda pernah melihat kakek atau nenek anda sedang mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Tahukah anda yang mereka kunyah adalah daun sirih. daun sirih adalah antiseptic alami sekaligus sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi dan menghilangkan bau mulut.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun sirih sangatlah mudah. Anda cukup mengunyah daun sirih mentah-mentah atau anda dapat merebusnya terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai obat kumur.

7. Bawang Merah

Tahukah anda bahwa bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami lho. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai kandungan antiseptic alami yang berfungsi membunuh kuman dalam mulut dan gigi.

Cara menggunakan bawang merah sebagai obat sakit gigi:

Siapkan 1 siung bawang merah lalu tumbuk bawang merah tersebut hingga halus.  Campurkan dengan sdt garam lalu tempelkan pada daerah gigi yang sakit.

8. Bawang Putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga mengandung antiseptic alami yang baik untuk kesehatan gigi. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi pun cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk halus 1 siung bawang putih dan mencampurkannya dengan sdm garam. Lalu oleskan pada area gigi sakit.

9. Jahe

jahe

Jahe juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Karena kandungan antibakteri yang ada pada jahe mampu membunuh kuman serta bakteri penyebab sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi menggunakan jahe:

Parutlah satu buah jahe dan peras airnya. Gunakan air jahe tersebut untuk berkumur secara rutin.

10. Biji Asam Jawa

Obat sakit gigi alami berikutnya yaitu biji asam jawa. Biji asam jawa mengandung anti septic alami yang dapat mengatasi masalah sakit gigi anda. Cara mengobati sakit gigi dengan biji asam jawa cukup mudah. Anda hanya cukup menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada area gigi sakit.

11. Cengkeh

Cengkeh juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh yaitu dengan cara menumbuk halus cengkeh lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

12. Serai

Obat sakit gigi alami berikutnya yaitu dengan menggunakan serai. Serai juga dapat mencegah pembengkakan pada gusi. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus 2 helai serai dengan segelai air. Biarkan mendidih hingga airnya berkurang. Lalu gunakan air rebusan sirih tersebut untuk berkumur secara rutin.

13. Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Kandungan antibakteri, anti inflamasi, dan analgesic property yang ada pada merica mampu meredakan rasa sakit pada gigi. Caranya yaitu dengan mencampurkan merica dan garam lalu tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

14. Getah Jarak

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotic yang tinggi yang berfungsi untuk mengobati saki pada gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan getah jarak yaitu anda cukup meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga gigi anda terasa membaik.

15. Air Kelapa

Cara mengobati sakit gigi yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan air kelapa. Air kelapa merupakan antiseptic alami yang baik untuk kesehatan gigi.  Anda cukup menggunakan air kelapa untuk berkumur sesudah menggosok gigi.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Obat Sakit Gigi Medis  

obat medis

Jika anda merasa kesulitan untuk mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami. Anda dapat menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan obat medis yang dapat anda beli di apotik atau took-toko terdekat. Namun sebelum mengonsumsi obat medis pastikan anda mengetahui dosis pada tiap-tiap obat yang anda konsumsi. Langkah baiknya jika anda berkonsultasi kedokter terlebih dahulu. Berikut merupakan obat sakit gigi medis yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

16. Acetaminophen

Acetaminophen merupakan merupakan salah satu obat pereda nyeri golongan NSAID yang umum digunakan. Obat golongan NSAID umumnya  dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi. Obat ini lebih sering dikenal di masyarakat dengan nama paracetamol.

Selain sebagai obat sakit gigi, acetaminophen juga ampuh untuk mengobati rasa nyeri lainnya seperti nyeri otot, nyeri punggung, sakit kepala, demam dan flu. Namun bagi anda yang menpunyai masalah yang serius pada hati dan alergi, anda tidak dianjurkan mengonsumsi obat jenis ini. Sebelum mengonsumsi obat sakit gigi ini, selalu pastikan membaca cara pemakainnya terlebih dahulu pada label kemasan.

17. Ibuprofen

Seperti halnya acetaminophen, ibuprofen juga merupakan obat sakit paling ampuh mengatasi gigi nyeri. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kaplet dan sirup. Namun anda diharapkan untuk berhati hati sebelum menggunakan ibuprofen sebagai obat sakit gigi berlubang. Pasalnya, menggunakan obat ini diatas dosis yang telah ditentukan, tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi selalu pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang di anjurkan. Dan hindari mengonsumsi obat ini pada saat perut anda kosong karena dapat pada kerusakan lambung anda.

18. Naproxen

Naproxen juga merupakan obat sakit gigi paling ampuh mengatasi gigi nyeri. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dalam dosis 220 mg. xenifar merupakan salah satu contoh merk obat naproxen yang paling umum saat ini.

Sayangnya obat sakit gigi ini mempunyai efek samping yang harus anda waspadai. Jika anda berencana mengonsumsi naproxen untuk mengatasi saki gigi anda, maka anda wajib tahu dan mewaspadai gejala dan efek samping yang di akibatkan obat ini. Beberapa efek samping yang umum terjadi jika mengonsumsi obat sakit gigi jenis ini yaitu, mulas ringan, sakit perut, sembelit, diare, perut kembung, kulit gatal dan memerah, sakit kepala, dan penglihatan menjadi kabur. Jika anda ingin melakukan operasi terkait dengan gigi, pastikan untuk memberitahu dokter bahwa anda mengonsumsi naproxen.

Nah sudah tahukan apa yang harus anda lakukan ketika sakit gigi menyerang? Untuk menghindari sakit gigi agar tidak terjadi pada anda, alangkah baiknya untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi anda kedokter gigi secara rutin. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here