obat asam lambung di apotik dan herbal

Infosehat.id – Asam lambung dalam tubuh manusia berfungsi sebagai pencerna makanan. Namun terkadang jumlah asam lambung dapat berlebih yang mengakibatkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Banyak factor penyebab naiknya asam lambung, biasanya asam lambung berkaitan langsung dengan gaya hidup dan pola makan. Bagi penderita asam lambung, Banyak cara mengatasi asam lambung yang dapat anda terapkan sendiri dirumah. Baik itu dengan menggunakan obat asam lambung alami maupun medis yang dapat anda beli di apotik. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati asam lambung, alangkah baiknya anda mengerti factor-faktor penyebab asam lambung dan hal-hal lain terkait asam lambung.

Jika anda sering mengalami rasa nyeri pada ulu hati atau merasakan sensasi panas di dada sampai tenggorokan. Bisa jadi anda memiliki gangguan pencernaan yang dikenal dengan nama GERD. Sakit asam lambung akibat GERD biasanya terjadi setidaknya dua kali seminggu dan bisa kambuh sewaktu-waktu dan ini bersifat kronis. Berikut ulasan lengkap tentang penyakit GERD termasuk penyebab, gejala, dan pilihan obat asam lambung paling ampuh dari bahan alami dan medis, beserta cara mengobati asam lambung dan mencegahnya agar tidak kambuh di kemudian hari.

Penyebab Asam Lambung Akibat GERD

cara mengatasi asam lambung dengan obat asam lambung di apotik

Asam lambung dalam tubuh berfungsi sebagai pemecah makanan yang masuk agar dapat diserap oleh tubuh. Namun apa yang terjadi jika asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak? Jika asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak maka dapat menyebabkan masalah lambung seperti reflux asam lambung.

Reflux asam lambung yaitu aliran balik asam lambung atau naiknya asam lambung sampai pada kerongkongan. Sebenarnya aliran balik asam lambung merupakan bagian normal dari pergerakan system pencernaan. Oleh karena itu reflux asam lambung tidak dapat dikatakan sebagai penyakit. Namun ketika asam lambung terlalu sering naik ke kerongkongan sehingga memunculkan sensasi seperti terbakar  di area dada dan tenggorokan, artinya otot cincin lambung (sfingter) yang berfungsi sebagai katup penahan asam agar tetap berada dilambung sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Kondisi ini lah yang menyebabkan seseorang mengalami asam lambung.

Sakit lambung akan di katakan sebagai GERD apabila terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu. Umumnya GERD terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Gejala GERD dapat terjadi secara singkat dan dapat juga berlangsung ketika tidur.

Gejala GERD

Ketika asam lambung naik, jaringan yang berada di sepanjang dinding kerongkongan akan teriritasi oleh asam lambung. Hal tersebut akan menyebabkan heartburn, yaitu sensasi terbakar atau nyeri di dada terkadang gejala ini menyebar hingga kerongkongan. Kondisi tersebut biasanya terjadi setelah makan dan gejala akan lebih buruk ketika malam hari.

Gejala lain GERD yang sering terjadi yaitu:

  • Mulut terasa asam
  • Tenggorokan terasa perih
  • Makanan terasa naik dan mengganjal tenggorokan
  • Asam pada bagian belakang mulut
  • Perut kembung
  • Mual
  • muntah
  •  kesulitan menelan
  • Mengi
  • Batuk
  • Suara serak
  • Rasa nyeri di dada
  • Cegukan

Jika anda sering mengalami gejala dada yang terasa sakit serta napas pendek maka anda harus segera berkonsultasi pada dokter. selain itu, anda juga harus menjelaskan seberapa sering gejala gejala itu terjadi. Setiap orang memiliki kondisi tubuh serta kesehatan yang berbeda. Oleh sebab itu, selalu pastikan untuk memeriksakan kesehatan anda ke dokter.

Apakah GERD Bisa Disembuhkan?

GERD disebabkan karena organ tubuh dalam manusia (otot cincin) tidak dapat berfungsi dengan normal. Tidak ada obat asam lambung yang dapat mengembalikan otot cincin kembali normal, namun obat-obatan tersebut dapat mengurangi gejala dan mencegahnya kambuh kembali.

Obat Asam Lambung Alami yang Dapat Anda Coba di Rumah

Untuk mengatasi asam lambung anda yang sering kambuh, anda dapat mencoba obat asam lambung herbal yang dapat anda buat sendiri dirumah. Berikut Pilihan obat asam lambung alami untuk mengatasi masalah asam lambung anda:

1. Jahe

jahe sebagai obat asam lambung

Jahe merupakan tumbuhan yang banyak mempunyai khasiat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah asam lambung. Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami mampu mengatasi masalah nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya.

Cara mengatasi asam lambung menggunakan jahe :

Cara menggunakan jahe sebagai obat asam lambung alami yaitu dengan cara menjadikan jahe sebagai minuman hangat. Anda dapat menggunakan jahe mentah atau membeli produk olahan jadi yang beredar di pasaran.

2. Akar Manis (licorice)

Akar manis (licorice) dipercaya mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti sakit pada ulu hati dan heartburn. Kandungan alami pada tumbuhan ini mampu mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan peradangan dan luka dalam tubuh serta ampuh digunakan sebagai obat asam lambung.

3. Teh Chamomile

Obat asam lambung selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kandungan pada teh chamomile. Secangkir teh chamomile dapat membantu menenangkan saluran pencernaan. Bagi anda yang mempunyai asam lambung, sebelum tidur cobalah untuk mengonsumsi teh chamomile, yang dapat membantu menenangkan peradangan pada perut dan membantu agar tidur anda lebih nyenyak.

4. Lidah Buaya

mengobati asam lambung dengan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang dipercaya mampu menyembuhkan dan merawat masalah gangguan pencernaan. Lidah buaya dapat mengurangi masalah peradangan yang dapat menyebabkan asam lambung naik.

Cara mengatasi asam lambung dengan lidah buaya cukuplah mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi jus lidah buaya setengah cangkir sebelum makan.

5. Obat herbal lainnya

Obat asam lambung lainnya yaitu seperti angelica, jinten, celandine, dan papermint.

Memang belum banyak penelitian yang membahas tentang obat herbal untuk mengatasi asam lambung naik. Dan perlu diperhatikan bahwa obat herbal untuk mengatasi asam lambung belum terbukti dan efektif secara ilmiah. Oleh sebab itu selalu konsultasikan kesehatan anda ke dokter.

Obat Asam Lambung di Apotik

obat asam lambung di apotik

Jika anda merasa kurang yakin untuk mengatasi asam lambung menggunakan obat herbal, maka anda dapat mencoba obat asam lambung medis yang dapat anda beli di apotik tanpa harus menebusnya menggunakan resep dokter. Berikut obat asam lambung di apotik yang dapat anda gunakan untuk mengatasi asam lambung anda:

6. Antasida

Obat asam lambung di apotik pertama yaitu antasida. Beberapa antasida mengandung simetikon, yang berfungsi untuk menyingkirkan gas berlebih dalam tubuh. Contoh obat antasida ialah Mylanta®, Malox®, Gelusil®, Rolaids®, Gaviscon®, dan Tums®.

7. H-2 receptor blockers

Obat asam lambung di apotik selanjutnya yaitu Histamine-2 (H-2) receptor blocker. Obat tersebut digunakan untuk mengurangi produksi asam di lambung. Contoh obat jenis ini adalah nizatidine (Axid AR®), cimetidine (Tagamet®), famotidine (Pepcid®) dan ranitidine (Zantac®). Efek obat asam lambung ini memang tidak secepat antasida, namun H-2 receptor blockers mampu menurunkan asam lambung hingga 12 jam.

8. Proton pumb inhibitors (PPIs)

Proton pumb inhibitors (PPIs) merupakan obat asam lambung di apotik atau obat bebas yang lebih kuat mengatasi asam lambung ketimbang dua obat medis diatas. Contoh obat jenis ini ialah lansoprazole(Prevacid 24 HR®) dan omeprazole (Prilosec®). 

Ingat, selalu pastikan untuk membaca aturan pakai obat asam lambung di apotik atau obat bebas yang tertera di label informasi produk. Bacalah dengan teliti berapa dosis yang dibutuhkan serta efek samping apa yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat asam lambung tersebut. Jika dalam seminggu asam lambung anda tak kunjung membaik, segera periksakan keluhan anda ke dokter.

Baca Artikel Menarik Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here