obat pelancar haid

Infosehat.id – Datang bulan, haid, atau menstruasi merupakan keadaan rutin yang terjadi pada semua wanita. Hal tersebut akan dialami semua perempuan mulai dari aqil baliq hingga dia berusia 40-50 tahun. Umumnya, haid atau menstruasi akan berjalan 2-7 hari namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini akan terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.  Namun tidak semua perempuan memiliki jadwal menstruasi yang tepat, seringkali haid telat karena alasan tertentu. Berbagai cara dilakukan untuk dapat haid secara teratur dan tepat waktu, mulai dari mengonsumsi obat pelancar haid alami maupun obat pelancar haid di apotik (medis).

haid tidak teratur

Bagi anda yang sering mengalami haid yang tidak teratur dan sedang mencari obat pelancar haid yang aman digunakan. Berikut infosehat.id berikan daftar obat pelancar haid medis tanpa dan dengan resep dokter:

Obat Pelancar Haid di apotik tanpa resep dokter

1. Em Kapsul

Em kapsul sebagai obat pelancar haid di apotik

Em Kapsul merupakan salah satu obat pelancar haid yang dapat dibeli diapotik dengan bebas. Obat ini ampuh untuk mengatasi haid tidak lancar dalam hitungan hari. Em Kapsul merupakan obat kimia (medis) yang di dalamnya mengandung, Coriandri Fructus Extract 10 persen, Nigellae sativae Semen Extract 10 persen, Curcumae Rhizoma Extract 15 persen, dsb. Selain sebagai obat pelancar haid Em Kapsul juga berfungsi sebagai penghilang nyeri dan menghilangkan bau tidak sedap saat haid dan keputihan.

2. Kapsul Tuntas

Obat pelancar haid di apotik selanjutnya yaitu kapsul tuntas. Kapsul tuntas merupakan obat pelancar haid yang cukup ampuh mengatasi masalah datang bulan dengan syarat anda harus mengonsumsinya sesuai petunjuk pemakaian. Namun perlu anda ketahui, bahwa obat ini mempunyai efek samping yang dapat memperburuk kesehatan anda dan bayi.  Obat ini dapat dengan mudah anda temukan di kios atau toko terdekat di tumah anda, atau anda dapat membelinya langsung di apotik kimia farma.

3. Kiranti

mengatasi haid tidak lancar dengan  kiranti

Kiranti adalah salah satu obat pelancar haid yang dapat di beli di apotik. kiranti diproduksi dari bahan-bahan herbal alami, kandungan bahan alami dalam kiranti meliputi kunyit 30g, kencur 2g, jahe 0.8g, asam jawa 6g, kayu manis 0.1g, paulina 0.23g. Meskipun kiranti dibuat dari bahan alami namun khasiatnya terbukti ampuh mengatasi masalah telat datang bulan.

4. Spasmal Tab

Spasmal tab sebagai obat pelancar haid terbukti ampuh

Spasmal tab juga merupakan salah satu jenis obat pelancar haid yang dapat dibeli diapotik dengan bebas tanpa resep dokter. Obat ini berbentuk tablet dan memiliki kemampuan untuk melancarkan haid. Selain itu, spasmal tab juga dapat dipakai untuk mengobati gangguan saluran pencernaan, saluran empedu, saluran kemih, dan menghilangkan sakit perut saat haid. Obat ini mempunyai efek samping yang dapat membuat penggunanya terkena ruam kulit, suhu tubuh tinggi, sembelit, muntah, leher memerah, mulut kering dan sebagainya.

5. Ibuprofen

Ibuprofen sebenarnya merupakan obat pereda rasa sakit dan nyeri, obat ini masih termasuk dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Namun ibuprofen seringkali dipakai sebagai obat pelancar haid karena obat ini terbukti mampu membuat haid menjadi lancar. Mengonsumsi ibuprofen akan dapat menimbulkan efek samping berupa muntah, diare, sakit lambung, nyeri kepala, ruam kulit, pusing dan mual.

Jika beberapa obat pelancar haid di apotik tersebut dirasa kurang cocok dalam mengatasi masalah menstruasi anda. Maka anda dapat mencoba obat medis lainnya yang biasa diberikan dengan rekomendasi dokter.

Berikut adalah daftar obat pelancar haid yang biasanya di rekomendasikan dokter:

Obat Pelancar Haid yang Biasa diresepkan Dokter

6. Clomiphene atau serophene

Obat clomiphene citrate (clomid) atau serophene adalah obat pelancar haid yang sering diberikan kepada wanita yang ovulasinya tidak teratur. Obat ini berfungsi sebagai perangsang produksi hormon GnRH (gonadrotopin-releasing hormone), FSH (Follicle-stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone) yang dapat merangsang indung telur untuk memproduksi lebih banyak sel telur sehingga menstruasi anda lebih teratur.

Sekitar 60-80 wanita yang mengonsumsi obat ini akan berovulasi dalam 7 hari setelah dosis terakhir. Efek samping dari obat ini yaitu gejala mual, sakit kepala, kembung, dan hot flashes (sensasi panas dalam tubuh).

7. Dostinex dan Parlodel

Dostinex dan Parlodel merupakan obat pelancar haid yang berfungsi untuk mengendalikan hormon yang menghambat ovulasi. Beberapa studi melaporkan bahwasanya parlodel dapat membantu wanita langsung mengalami ovulasi tanpa menunggu lama dan bisa hamil dengan cepat. biasanya, dokter akan member resep dengan dosis kecil terlebih dahulu. Efek samping obat ini iyalah pusing dan sakit perut.

8. Aspirin

Selain dikenal sebagai obat pereda nyeri, ternyata aspirin juga dapat digunakan sebagai obat pelancar haid yang terbukti ampuh lho. Aspirin berpotensi untuk mengurangi peradangan sistemik, menciptakan lingkungan rahim yang sehat, serta dapat meningkatkan aliran darah ke panggul sehingga menebalkan lapisan rahim.

Hal tersebut dapat membantu kelancaran menstruasi sekaligus mendukung kesuburan pada wanita yang ingin hamil. Efek samping obat ini yaitu sakit perut dan perut mulas (heartburn).

9. Obat Hormon Suntik

Obat pelancar haid yang terakhir yaitu berupa hormon sistetik untuk disuntikkan ke dalam tubuh. Yang paling sering digunakan adalah Follicle-stimulating hormone (FSH), human chorionic gonadotropin (hCG),  atau Gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH agonist).

Ketiga hormon tersebut sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, tapi mungkin karena sebab-sebab tertentu hormon tersebut tidak mencukupi dalam tubuh sehingga butuh asupan tambahan. Ketiga hormon tersebut berfungsi untuk merangsang indung telur agar lebih aktif memproduksi dan melepaskan sel telur agar menstruasi anda lebih lancar.

Efek samping yang diakibatkan obat hormone suntik bermacam-macam, namun umumnya adalah bengkak dan memar kemerahan sementara pada area kulit yang disuntik.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here