pilihan obat panu alami dan kimia di apotik

Infosehat.id – Panu (Tinea Versicolor) adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Munculnya panu umumnya ditandai dengan bercak-bercak berwarna putih disertai dengan rasa gatal. Bercak-bercak panu terkadang berwarna merah, coklat, bahkan mungkin hitam tergantung dari warna kulit penderita. Gatal yang diakibatkan oleh panu akan terasa lebih gatal jika terkena keringat. Jamur ini tidak berbahaya dan memang banyak ditemukan di kulit manusia pada umumnya. Namun jika tidak segera diatasi jamur ini bisa saja berkembang biak dengan cepat sehingga bercak panu akan semakin melebar dan rasa gatalpun akan semakin menjadi. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dibutuhkan obat panu yang tepat. Namun tahukah anda bahwa untuk mengobati panu tidak melulu harus menggunakan obat yang dijual di apotik, anda juga dapat mengobati panu dengan menggunakan obat panu alami dari bahan herbal dan tentunya bebas dari bahan kimia.

Masih belum pasti apa penyebab jamur malassezia dapat berkembang dengan tidak terkendali. Namun ada beberapa kemungkinan penyebab jamur malassezia dapat berkembang biak dengan tidak terkendali sehingga menyebabkan panu, diantaranya yaitu:

  • Kurangnya menjaga kebersihan tubuh
  • Kulit berkeringat
  • Usia remaja
  • Perubahan hormon
  • Tinggal di daerah lembab dan bersuhu panas
  • Produksi keringat berlebih
  • Tingkat kekebalan tubuh rendah

Panu biasanya akan  muncul di daerah-daerah yang sering berkeringat seperti leher, ketiak, dada, wajah, punggung, lipatan paha, banhkan tangan. Panu memang bukan termasuk penyakit yang berbaya, namun jika panu muncul di daerah tubuh yang terbuka seperti wajah atau tangan tentu akan mengganggu penampilan anda. Selain itu gatal-gatal karena panu juga akan sangat mengganggu aktifitas anda.

Untuk mengatasi panu yang disebabkan oleh jamur anda dapat mencoba pilihan obat panu alami maupun obat panu kimia yang dijual bebas di apotik. Berikut infosehat.id berikan daftar obat panu alami dan kimia di apotik yang dapat anda coba sendiri di rumah.

Daftar Obat Panu Alami

1. Minyak kelapa

minyak kelapa sebagai obat panu alami

Penelitian menyebutkan bahwasanya minyak kelapa dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus dan bakteri. Hal tersebut dikarenakan minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Oleh sebab itu minyak kelapa sangat cocok digunakan sebagai obat panu alami. Untuk menggunakannya anda hanya cukup mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu.

2. Cuka apel

Cuka apel mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu kulit unutk mengontrol pertumbuhan jamur. Cara mengobati panu menggunakan cuka apel yaitu dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena panu menggunakan kapas dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membasuhnya dengan air hangat.

3. Tea tree oil

Pohon teh atau melaleuca merupakan jenis tanaman yang mengandung antiseptik yang sangat tinggi sehingga sering digunakan sebagai obat penyembuh luka. Sebuah penelitian dalam Journal of Applied Microbiology membuktikan bahwasanya tea tree oil mampu mencegah perkembangan jamur serta dapat meredakan gatal.

Untuk menggunakan tea tree oil sebagai obat panu alami, anda perlu menyiapkan tea tree oil, minyak lavender, dan minyak kelapa. Caranya campurkan 5 tetes tea tree oil, 5 tetes minyak lavender, dan 1 sdrt minyak kelapa murni. Setelah tercampur rata, gunakan campuran minyak tadi dengan cara mengoleskan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud. Lakukan cara mengobati panu tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak oregano

Cara mengobati panu dengan bahan alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak oregano. Minyak oregano merupakan minyak yang dihasilkan dari daun dan bunga tumbuhan oregano. Minyak oregano mengandung senyawa carvacrol yang terbukti dapat membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, parasit, virus, dan alergi.

Untuk menggunakan minyak oregano sebagai obat panu alami, anda hanya cukup mengoleskan minyak oregano pada kulit yang terkena panu dan membiarkannya hingga kering.

5. Yogurt

Yogurt mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, karena yogurt mengandung protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan vitamin B12. Selain itu kandungan probiotik yogurt dapat mengontrol keberadaan jamur sehingga pertumbuhan jamur menjadi terhambat. Caranya, oleskan yogurt tawar pada bagian kulit yang terkena panu. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu basuh menggunakan air hangat. Selain itu anda juga disarankan untuk mengonsumsi yogurt tawar 2 kali sehari untuk membasmi infeksi jamur dari dalam.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis banyak mengandung senyawa yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri berfungsi untuk  melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu kandungan asam nitrat serta vitamin C pada jeruk nipis berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri yang handal. Oleh sebab itu jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat panu alami yang ampuh.

Cara mengobati panu menggunakan jeruk nipis:

untuk mengobati panu dengan jeruk nipis, anda perlu mencampurkan jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung zat keratolik yang dapat membunuh kuman dan virus penyebab jerawat dan panu. Caranya, campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Setelah itu oleskan pada panu dan biarkan hingga mongering. Setelah kering anda dapat membasuhnya dengan air hangat.

7. Belimbing wuluh

Obat panu alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan blimbing wuluh. Dibalik rasanya yang asam, ternyata belimbing wuluh mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Selain itu, belimbing wuluh juga mempunyai sifat anti jamur yang tentunya dapat dimanfaatkan sebagai obat panu alami.

Untuk mengobati panu dengan blimbing wuluh, anda hanya butuh 1 buah blimbing wuluh dan potong menjadi 4 bagian. Usap-usapkan potongan belimbing wuluh pada area panu atau pada area yang terinfeksi jamur. Biarkan sampai kering.

8. Bawang putih

bawang putih sebagai obat panu alami

Bumbu dapur satu ini memang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Bawang putih dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengilangkan panu. Kandungan allicin pada bawang putih berguna sebagai zat anti bakteri karena merupakan komponen biologis aktif. Selain itu bawang putih juga kaya akan antioksidan yang membuatnya terkenal sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur.

       Cara menghilangkan panu dengan bawang putih. Cukup siapkan 1 siung bawang putih dan potong menjadi 2 bagian. Untuk menggunakanya, gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan 2 kali sehari. Cara ini juga dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan panu pada anak kecil atau balita.

9. Kunyit

Kunyit merupakan obat panu alami tradisional yang dipercaya sejak lama untuk menghilangkan panu pada kulit. Hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung sifat antiseptik, antibiotik dan antijamur yang dapat digunakan sebagai obat panu sekaligus mencegah tumbuhnya jamur.

Anda dapat menggunakan kunyit segar yang ditumbuk halus, atau menggunakan kunyit bubuk siap pakai yang dicampur dengan air sehingga menjadi pasta halus. Oleskan kunyit pada area kulit yang terkena panu dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas hingga bersih.

10. Lengkuas

Selain bawang putih, lengkuas juga merupakan salah satu bumbu masakan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, lengkuas mengandung sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Penelitian di korea menyebutkan bahwasanya lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat panu alami.

Cara mengobati panu dengan lengkuas yaitu dengan mengoleskan potongan lengkuas yang masih segar ke area panu selama 5 menit. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin yang terdapat pada lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu. 

11. Lidah buaya (aloe vera)

cara mengobati panu dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antijamur yang dapat membantu melawan jamur yang mengakibatkan timbulnya panu dan meredakan peradangan yang membuat kulit gatal. Selain itu, lidah buaya juga mempercepat penyembuhan pada bagia kulit yang rusak.

Untuk mengobati panu dengan lidah buaya, anda cukup langsung mengoleskan gel lidah buaya murni pada kulit yang terserang panu. Selain itu, anda juga dapat mencampurkan gel aloe vera dengan beberapa tetes minyak zaitu atau minyak kelapa. Ulangi cara ini 2 kali sehari.

12. Minyak zaitun dan madu

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Complementary Therapies in Medicine telah membuktikan bahwa ternyata kombinasi dari madu dan minyak zaitun terbukti mampu mengobati panu karena komponen antibakteri dan antijamurnya. Untuk menghilangkan panu dengan cara ini, anda cukup mengoleskan campuran minyak zaitun dan madu pada panu secara rutin tiga kali sehari.

Artikel Menarik Lainnya:

Obat Panu Kimia di Apotik

Selain beberapa obat panu alami diatas, anda juga dapat mencoba mengobati panu dengan menggunakan obat panu kimia yang dapat anda beli di apotik. Obat panu di apotik dapat berbentuk krim oles, dalam bentuk shampo ketombe dan dalam bentuk obat minum. Berikut beberapa obat panu kimia yang dapat anda beli di apotik.

Ada banyak obat panu krim yang tersedia di apotik untuk dioleskan pada kulit untuk pengobatan panu. Obat tanpa resep yang bisa digunakan seperti:

  • Clotrimazole (Lotrimin, Myceles)
  • Miconazole (Lotrimin)
  • Topikal econazole (Spectazole)
  • Ciclopirox (Ciclodan)

Selain itu, ada juga pilihan obat panu yang bukan berbentuk krim atau salep melainkan dalam bentuk sampo ketombe:

  • Selenium sulfida 1% (Selsun Blue)
  • Sampo ketoconazole 1% (Nizoral)
  • Pyrithione zinc (Head & Shoulders, Shoote)

Beberapa dokter biasanya akan menyarankan untuk menggunakan obat tersebut selama 15 menit, lalu dibilas. Obat tersebut biasanya cukup digunakan 2 kali seminggu selama 2 hingga 4 minggu kedepan. Kebanyakan orang yang baru pertama kali terkena panu kan memilih obat tersebut karena lebih mudah didapatkan dan juga mudah dalam penggunaanya.

Selain beberapa obat luar tadi, ada juga obat panu kimia yang penggunaanya dengan cara diminum. Obat ini tentunya lebih praktis dari pada obat luar. Obat panu yang dapat digunakan seperti:

  • Ketoconazole
  • Itrakonazole

Jika beberapa obat panu diatas dirasa belum mampu mengatasi masalah kulit anda, maka sebaiknya periksakan kesehatan kulit anda pada dokter spesialis kulit. Agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here