Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Infosehat.id – Buah naga atau sering juga disebut buah pitaya merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari amerika tengah yang bermula dari kaktus yang berbunga dari sore kemudian layu di pagi hari. Tahukah anda bahwasanya buah naga ternyata mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan lo. Penasaran apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut infosehat.id telah merangkum beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang pertama yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tingginya vitamin C yang terdapat pada buah  naga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga merangsang aktifitas antioksidan lain dalam tubuh. Selain itu, Vitamin B1, B2, B3, Protein, kalsium, zat besi, fosfor, serta niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

2. Pencegah diabetes

Buah naga mengandung banyak serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh serta menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah mengonsumsi makanan dengan indek gilkemik tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa buah naga memiliki efek yang baik pada stress oksidatif untuk kekakuan aorta dari tikus diabetes.

3. Kesehatan jantung

Selain mencegah diabetes, buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan  jantung anda. karena buah naga mengandung zat yang dapat mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa konsumsi buah pitaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah eksotis ini juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati kita agar selalu dalam kondisi baik.

4. Pencegah kanker

Manfaat buah naga untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai pencegah kanker. Selain mengandung vitamin C, buah naga juga mengandung karoten, yang berhubungan dengan beberapa kualitas antikarsinogen, temasuk mengurangi jumlah tumor. Selain itu warna merah pada pitaya mengandung likopen yang terbukti dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Pasific Journal of Cancer Prevention pada tahun 2011 menemukan bahwa asupan lycopene yang kurang dari 2.498 mcg/hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat, sedangkan asupan tinggi sayuran, buah, dan makanan yang kaya akan lycopene, serta aktifitas fisik dapat mengurangi risiko secara signifikan.

Selain itu, kulit buah naga juga mengandung polifenol. ada kemungkinan bahwa beberapa polifenol bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen dan mengubah perilaku hormon lain pada situs reseptor pada sel. Hal tersebut dapat menjadikan alasan mengapa buah naga atau pitaya bermanfaat sebagai pencegah kanker pada tubuh.

5. Pereda batuk dan asma

Demam dan flu seringkali menyebabkan gangguan pernapasan seperti halnya asma dan batuk, hal ini bisa saja sulit ditangani dari hari ke hari. Meskipun bukan sebagai pengganti obat, namun buah naga dapat membantu mengurangi penderitaan anda. Perlu diiingat bahwa pitaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga membuat sistim kekebalan tubuh seseorang yang mengonsumsi pitaya menjadi lebih kuat dan efisien dalam melawan infeksi setiap hari.

6. Melancarkan pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Selain itu pitaya kaya akan oligosakarida yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam usus seperti bifidobacteria dan lactobacilli.

Sebuah studi di Thailand tentang prebiotik alami menunjukkan bahwa buah naga dapat membantu meningkatkan flora usus yang sehat, yang penting untuk memperlancar pencernaan. Oleh sebab itu buah naga bermanfaat untuk mencegah sembelit, sindrom iritasi usus, bahkan kanker kolorektal.

 7. Mencegah anemia

Manfaat buah naga untuk kesehatan selanjutnya ialah untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi pada buah naga sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia. Selain  itu pitaya juga membantu produksi sel darah merah yang berfungsi untuk membantu oksigenasi yang tepat dari organ vital.

8. Melancarkan peredaran darah

Kalsium yang terdapat pada buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain tiu zat besi dan juga fosfor yang ada di dalamnya akan membantu melancarkan peredaran darah dan memperbaiki jaringan yang rudak dalam tubuh.

9. Mencegah glaukoma kongenital

Apa sih glaukoma kongenital itu? Yang dimaksud glaukoma kongenikal yaitu kondisi bahaya dimana terdapat tekanan pada bola mata yang naik, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan mata yang fatal.

10. Mengurangi nyeri arthritis

Arthritis merupakan penyakit kronis yang dapat terjadi seumur hidup. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun biasanya arthritis menyerang pria dan wanita usia matang di atas 55 tahun. Arthritis dapat menimbulkan rasa sakit yang serius, terjadi iritasi serta imobilitas karena efek langsung yang terjadi pada sendi kita.

Namun bagi anda yang mengalami arthritis tak perlu khawatir karena kandungan zat pada buah naga mampu mengurangi rasa sakit nyeri yang disebabkan oleh arthritis. Oleh sebab itu, selalu tambahkan buah naga ke dalam menu makanan sehat anda.

11. Meningkatkan trombosit pasien demam berdarah

Trombosit pada orang normal biasanya jumlahnya berkisar antara 150.000 sampai 450.000. Namun beda halnya dengan seseorang yang terkena demam berdarah, penderita demam berdarah biasanya hanya mempunyai 10.000 trombosit saja. Oleh karena itu, bagi penderita demam berdarah di anjurkan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kadar trombosit bagi penderita demam berdarah.

12. Menjaga kesehatan mata

Yang terakhir, manfaat buah naga bagi kesehatan yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Buah naga mengandung beta karoten dan berbagai pigmen tanaman penting lain, yang mampu melindungi mata dari efek berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu buah naga juga mampu mencegah penyakit mata lain seperti katarak dan degenerasi  manula.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Obat Panu Alami dan Kimia di Apotik
Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Generik di Apotik
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, nyatanya buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Diantara manfaat buah naga untuk kecantikan yaitu :

13. Camilan sehat bagi yang sedang berdiet

Kecantikan sangat erat kaitannya dengan tubuh yang ideal, bagi anda yang sedang menjalani masa diet dan masih bingung memilih cemilan sehat yang cocok untuk dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsi buah naga secara rutin dan teratur, karena buah naga dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh dan kadar air dalam buah ini akan membuat perut anda terasa kenyang tanpa harus takut tubuh anda melar.  

14. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Memiliki wajah awet muda merupakan dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Untuk mendapatkan wajah yang cantik dan awet muda seseorang rela mengeluarkan uang yang begitu banyak tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun tahukah anda bahwa ternyata buah nada mempunyai manfaat untuk kecantikan khusunya terkait penuaan dini.

Terjadinya penuaan disebabkan oleh adanya kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Penuaan memang merupakan hal yang pasti menimpa semua orang, namun tidak ada yang ingin terlihat tua dari usia yang sebenarnya. Oleh sebab itu, untuk mencegah penuaan dini anda dapat mengonsumsi buah naga secara rutin setiap hari. karena kandungan antioksidan pada buah naga mampu melawan radikal bebas yang menjadi sebab penuaan dini.

15. Untuk mengobati jerawat

Manfaat buah naga untuk kecantikan selanjutnya yaitu untuk mengobati jerawat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat yang membandel. Caranya, anda cukup menyiapkan ¼ daging buah naga dan haluskan hingga menjadi seperti pasta. Setelah itu anda dapat  mengoleskan pasta buah naga tersebut pada wajah yang berjerawat. Diamkan hingga 20 menit atau hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

16. Melembabkan dan menyehatkan kulit

Telah diketahui bahwasanya buah naga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, salah satunya yaitu untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah naga dapat menjaga kulit dari radikal bebas serta mampu menjaga kelembapan kulit. Anda cukup mengonsumsi buah naga secara rutin agar kulit anda selalu sehat dan lembab.

17. Menyehatkan rambut

Selain dapat menyehatkan dan melembabkan kulit, buah naga juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Buah naga (khususnya yang berdaging merah) mengandung enzim yang mampu membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Untuk mendapatkan manfaat buah naga bagi kesehatan terkait kesehatan rambut, anda cukup mengonsumsinya rutin setiap hari, atau anda juga dapat memakai pasta buah naga sebagai masker rambut alami. dengan cara mengoleskan buah naga yang sudah di haluskan ke seluruh rambut dan membiarkannya hingga 20 menit lalu basuh dengan air bersih.

Itulah tadi beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here