Menurunkan berat badan dengan diet sehat secara alami

Infosehat.id – Kelebihan Berat badan atau badan yang gemuk merupakan problem atau isu yang tak pernah habis untuk dibahas. Siapa sih yang tak ingin punya badan yang sehat dan ideal? Pastinya anda juga kan. Karena seseorang dengan berat badan yang berlebihan lebih rentan terkena penyakit. selain itu berat badan berlebih juga dapat mengganggu mobilitas seseorang. Sebagian dari anda mungkin menganggap bahwa menurunkan berat badan merupakan hal yang mudah, tapi pasti tidak sedikit pula yang merasakan kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Berbagai cara dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan badan yang ideal. Mulai dari cara yang alami hingga cara medis, mulai dari cara yang aman  hingga cara yang dapat membahayakan tubuh. Nah, agar anda tidak terjebak dengan cara diet yang tidak sehat, berikut Infosehat.id berikan tips dan cara menurunkan berat badan dengan diet sehat secara alami dan cepat :

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Secara Alami

Kalau kita berbicara tentang menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal, pasti fikiran kita akan menuju ke kata diet. Bentul Bukan? Yup, pasalnya diet merupakan aktifitas seseorang untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal.

1. Menetapkan target

Tentukan target yang realistis sebelum dan selama anda melakukan diet. 1 kilogram perminggu saja sudah cukup. Jangan terlalu terobsesi untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tentukan pula target-target kecil lainnya misalnya tidak memakan makanan berminyak seperti gorengan, tidak memakan makanan cepat saji dan lain sebagainya.

2. Selalu Berpikiran optimis

Ingat untuk selalu berfikir optimis dalam kondisi apapun. Fikiran anda harus focus untuk menurunkan badan selau berfikir positif dan optimis bahwa berat badan anda akan turun dan ideal. Selama diet berlangsung usakan untuk tidak memikirkan makanan-makanan yang dapat mengganggu aktifitas diet anda.

3. Aktif bergerak

Jika anda termasuk orang yang suka mager atau males gerak sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan ini. Karena dengan anda males gerak, maka tidak akana da energy yang keluar dari tubuh. Mulailah dengan yang paling mudah, yaitu cukup lakukan aktifitas jalan kaki. Kurangi penggunaan sepeda motor mulai beralihlah menggunakan sepeda gowes jika memang jaraknya tujuan anda tidak terlalu jauh.

4. Sarapan

Jangan lewatkan sarapan pagi dan pilih menu yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Kebiasaan tidak sarapan pagi akan membuat metabolism tubuh menjadi lambat. Akibatnya, kalori yang di bakar lebih sedikit. Efek lainnya kita akan cenderung makan lebih banyak dan memilih junk food saat makan siang.

5. Perbanyak minum air mineral

Jika anda termasuk orang yang terbilang jarang minum air mineral, maka mulai sekarang perbanyak minum air mineral. Air mineral sangat penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme dalam tubuh, membuang racun yang masuk dalam tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuat kulit tampak lebih cerah dan lembut, serta dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu air mineral juga dapat menurunkan berat badan, cukup dengan minum segelas air mineral sebelum makan, dengan begitu porsi makan anda akan berkurang.

6. Susu

Minumlah susu secara rutin. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi susu dan produk turunanannya ternyata mampu mengusir banyak lemak di tubuhnya.

7. Konsumsi makanan kaya serat

Cara diet sehat alami selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Makanan yang kaya serat diantaranya yaitu alpukat, pisang papaya, kacang polong, kubis, brokoli, jagung, pir, dan beras merah.

Beberapa manfaat makanan kaya serat :

  1. Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Menurunkan kolesterol tinggi
  4. Membersihkan saluran pencernaan
  5. Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  6. Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  7. Mengendalikan gula darah
  8. Memperlambat penyerapan glukosa

8. Perbanyak frekuensi makan, kurangi konsumsi makan

Masih banyak diantara kita yang beranggapan bahwa mengurangi frekuensi porsi makan berat dalam sehari dapat membantu mengurangi berat badan. Namun nyatanya, anggapan ini salah. Yang jadi masalah ini bukanlah frekuensi makan tapi porsi makan. Seseorang dengan porsi makan besar sekalipun sekali dalam sehari malah dapat menambah masalah baru. Cara yang benar yaitu dengan mengurangi porsi makan anda. misalnya dengan makan 3 sendok nasi beserta lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering.

9. Hindari makan di atas jam 6 sore

Cara Menurunkan berat badan secara alami dengan buah apel

Sebisa mungkin untuk tidak makan malam. Sarapan dibutuhkan sebagai asupan energi kita dalam beraktifitas seharian penuh. Begitu juga dengan makan siang. Sebaliknya, untuk makan malam anda tidak dianjurkan lagi memakan makanan berat, hal ini dikarenakan aktifitas anda sudah selesai.  Anda dapat mengganti nasi dengan sebuah apel. Kalau memang anda hendak makan malam, jangan langsung tidur setelah makan.

10. Tidur 7 jam

7 jam tidur untuk menurunkan berat badan

Pastikan jam tidur anda cukup. Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung makan 300 kalori lebih banyak. Cukup tidur akan meningkatkan hormon leptin, dan menurunkan hormone ghrelin. hormon leptin berfungsi untuk mengatur rasa kenyang sedangkan hormon ghrelin berfungsi untuk mengatur rasa lapar.

11. Atur kalori

Salah satu bagian terpenting dari program penurunan berat badan yaitu dengan cara mengatur porsi kalori. Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan sekalipun itu makanan sehat.

12. Hindari makanan ringan dengan kandungan gula tinggi

Hindarilah mengonsumsi makanan ringan atau snack dengan kandungan gula yang tinggi. Pastikan anda membaca tabel gizi yang ada pada setiap bungkus kemasan snack yang akan anda konsumsi.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang berlebih memiliki banyak dampak negative seperti diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, kecanduan makanan manis, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

13. Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, Salah satunya untuk diet sehat secara alami. Dengan meminum segelas air jeruk nipis hangat selama masa diet, dapat membantu lebih cepat menurunkan berat badan anda. hal ini karena jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang bekerja menyerap kalsium dalam sel sel lemak, sehingga berat badan turun.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dengan Beolahraga

Cara untuk menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga. Bagi anda yang tidak punya waktu atau bahkan anti dengan kata olahraga, jangan terburu menyerah dulu. Untuk menurunkan berat badan tidak harus dengan olah raga berat.

Olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat.

14. Cardio

Cardio infosehat.id

Cardio merupakan jenis olah raga atau latihan yang melibatkan  hampir semua naggota tubuh seperti berlari, berenang, bersepeda dan lain sebagainya. Dengan melakukan cardio maka seluruh otot-otot kita akan bekerja, hal ini juga efektif untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh.

15. Yoga

yoga merupakan diet sehat alami untuk menurunkan berat badan

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pernapasan, kekuatan, dan kelenturan. Yoga terbukti sangat membantu menghilangkan gas berlebih dalam perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut. Mulailah berlatih yoga secara rutin setiap hari selama 10-20 menit agar tubuh dapar melakukan sistem metabolism dengan maksimal.

16. Sit-up dan push-up

Push Up dapat menurunkan berat badan

Olah raha simple lainnya yang dapar dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus membuang banyak waktu yaitu dengan melakukan sit-up dan push-up. Lakukan masing-masing 10 kali secara rutin setiap hari. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Melakukannya di pagi hari dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek kenyang.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan sehat secara Alami dengan Cara Tradisional

Jika anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan olahraga atau mungkin terlalu capek karena padatnya aktifitas. Anda dapat mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dengan menggunakan ramuan tradisional yang sudah terbukti khasiatnya.

17. Teh hijau

teh hijau merupakan diet sehat alami untuk menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan cara tradisional yang pertama yaitu dengan mengonsumsi teh hijau. Sejak dulu teh hijau telah dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Cara dan aturan mengonsumsi teh hijau:

  1. Minum teh hijau tanpa gula.
  2. Dengan meminumnya sebelum makan, maka porsi makan anda akan berkurang disebabkan rasa kenyang yang di hasilkan oleh teh hijau.
  3. minum secara rutin setiap hari

teh  hijau berfungsi memperlancar metabolism tubuh, termasuk metabolism lemak. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan sebagai pencegah kanker dan berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

18. Teh jeruk nipis

Selain teh hijau, anda juga dapat menggunakan teh biasa yang di campur dengan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan anda.

Caranya:

  1. Siapkan 3 sendok teh atau 1 kantong teh.
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Segelas air panas
  4. Kemudian seduh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya.
  5. Konsumsilah secara rutin.

19. Jahe dan madu

Madu dikenal mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. madu juga dapat di manfaatkan untuk menurunkan berat badan secara alami. Madu mengandung fruktosa yaitu zat yang berfungsi untuk membakar lemak tubuh. Sedangkan jahe, secara alami dapat menekan nafsu makan, sehingga anda dapat mengurangi asupan makan dengan mudah.

Cara membuatnya:

  1. 3 sdm madu
  2. 2 sdm perasan jahe
  3. Campur keduannya dalam gelas lalu seduh menggunakan air panas
  4. Minumlah rutin 2 kali sehari

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan diet sehat secara alami. Anda mungkin bisa melakukan diet dengan cara cepat, namun terkadang diet dengan cara praktis dan cepat lebih mempunyai dampak resiko yang besar. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda mencoba terlebih dahulu cara diet sehat secara alami tanpa resiko. Selamat Mencoba, semoga program diet anda lancar. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here