cara mengobati gusi bengkak dan obat gusi bengkak

Infosehat.id – Gusi bengkak merupakan salah satu masalah gangguan pada mulut yang mungkin bisa terjadi pada semua orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Gusi bengkak seringkali kurang mendapat perhatian khusus dalam masalah kesehatan. Memang terlihat sepele namun gusi bengkak dapat menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh pembengkakan pada gusi menyebabkan seseorang kesulitan untuk mengonsumsi makanan. Jika anda mengalami gusi bengkak dan sedang mencari cara untuk mengobati gusi bengkak. Maka anda dapat mencoba mengobatinya menggunakan obat dari bahan alami sebelum beralih ke obat medis. infosehat.id akan berikan daftar obat gusi bengkak dari bahan alami dan medis untuk mengobati gusi bengkak anda. Namun sebelum itu, tahukah anda apa sih penyebab gusi bengkak itu??

Penyebab Gusi Bengkak dan Berdarah

Kebersihan Mulut

Faktor yang paling utama penyebab gusi mengalami pembengkakan dan berdarah yaitu masalah kebersihan mulut. Sisa makanan yang tertinggal di mulut atau sela-sela gigi akan menimbun dan jika tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan plak dan karang gigi yang akhirnya akan mengakibatkan gusi bengkak. Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan mulut anda dari sisa-sisa makan yang anda konsumsi. Pastikan untuk sikat gigi minimal dua kali setiap hari.

Infeksi

Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh infeksi virus dan jamur. Jamur dan virus penyebab gusi bengkak bisa saja masuk melalui makanan yang anda konsumsi setiap hari. Untuk itu selalu pastikan anda mengontrol apa yang anda konsumsi sehari-hari. Terlebih lagi jika anda memiliki herpes (virus), herpes akut atau disebut juga dengan gingivostomatitis juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

Gigi Berlubang

Umumnya gigi berlubang juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada gigi.  Karena kuman yang menyebabkan gigi berlubang akan terus menggerogoti masuk hingga gusi. Dan hal ini yang akan menyebabkan gusi anda membengkak.

Kekurangan vitamin

Penyebab gusi bengkak selanjutnya yaitu kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Faktanya vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti rentan terhadap infeksi dan penyakit, hal ini disebabkan karena daya tubuh yang lemah.

Kesalahan Pemasangan Aksesoris pada Gigi

Pemasangan aksesoris gigi seperti behel atau gigi palsu yang tidak tepat dapat mengakibatkan gigi bengkak. Kawat gigi yang dipasang terlalu dekat dengan gigi hingga menimbulkan tekanan akan mengakibatkan pembengkakan pada gigi.

Asupan Nutrisi yang kurang

Kurangnya asupan nutrisi juga dapa menyebabkan gigi bengkak. Konsumsi lah makanan yang mengandung asam folat, asam folat mampu mencegah pembengkakan pada gigi. Asam folat diperlukan untuk melakukan sintetis protein, yang dapat mendorong proses produksi sel darah merah, menjaga agar fungsi sel normal, dan mencegah penyakit gusi seperti gingivitis.

Kehamilan

Gigi bengkak juga seringkali terjadi pada ibu hamil, hal tersebut di karenakan seorang wanita yang sedang hamil akan kekurangan zat gizi sebab nutrisi yang di dapat dari mengonsumsi makanan akan banyak di salurkan ke bayi yang sedang di kandunngya. Hal tersebut yang akan mengakibatkan masalah gigi dan gusi pada ibu hamil. Selain itu, tahap kehamilan akan membuat hormon tubuh meningkatkan aliran darah pada gusi dan kemudian membuat lebih mudah teriritasi dan menyebabkan gusi bengkak.

Merokok

Merokok dan menggunakan obat tembakau lainnya juga dapat membuat gusi sakit dan bengkak.

Gangguan hormon

Gusi bengkak juga dapat diakibatkan oleh gangguan hormon seperti menstruasi, pubertas, kehamilan dan manupose.

Cara sikat gigi yang kurang tepat

Untuk menjaga kebersihan gigi, seseorang di haruskan untuk membersihkan dan menyikatnya dua kali dam sehari.  Namun menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat dapat mengakibatkan gigi bengkak. Misalnya menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kurang lembut.   

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Obat Gusi Bengkak

cara mengobati gusi bengkak dengan obat gusi bengkak alami dan medis

Radang gigi atau sering disebut dengan gusi bengkak (gingivitis) merupakan peradangan pada bagian gusi. Gusi yang bengkak harus segera diobati sesegera mungkin, karena bila di biarkan begitu saja lama kelamaan akan menjadi penyakit periodontitis. Jika anda sedang mengalami gusi bengkak dan masih dalam tahap awal peradangan, anda dapat mencoba cara mengobati gusi bengkak menggunakan bahan alami sebelum anda memutuskan untuk pergi kedokter atau menggunakan obat medis. Berikut infosehat.id rangkum beberapa obat gusi bengkak baik dari bahan alami maupun medis:

1. Kompres

kompres gigi bengkak

Mengompres pada area gusi bengkak merupakan pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan gusi.  Jika gusi bengkak masih pada tahap awal coba mengompresnya dengan handuk atau waslap pada wajah di bagian gusi yang membengkak menggunakan handuk hangat atau dingin. Jangan mengompres langsung pada gusi, karena hal tersebut dapat memperparah peradangan yang di sebabkan iritasi.

2. Buah gambir dan kunyit

kunyit untuk mengobati radang gusi

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu dengan menggunakan buah gambir. Caranya, siapkan 3 buah gambir dan potong-potong hingga jadi potongan kecil, lalu kunyit sebanyak setengah jari. Rebus kedua bahan tersebut kedalam air mendidih seukuran 2 gelas air. Biarkan hingga air menyusut hingga tersisa 1 gelas air. Gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur, pastikan berkumur ketika air rebusan masih dalam kondisi hangat. Lakukan cara tersebut rutin sehari sekali.

3. Biji Buah Asam

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah asam merupakan obat alami untuk mengobati gusi bengkak. Karena Vitamin C berperan penting sebagai penokong dalam meningkatkan system imun tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh kuat maka tubuh akan dapat menghilangkan kuman serta virus penyebab gigi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan biji buah asam :

Sangrai dan tumbuk beberapa biji buah asam hingga lembut, oleskan biji buah asam yang telah ditumbuk halus tersebut pada bagian gusi bengkak, jika kesulitan anda dapat menggunakan sikat gigi untuk mengoleskannya. Ini merupakan pengobatan traditional yang sudah turun temurun.

4. Umbut Nanas

Umbut nanas (bahasa bangka) yaitu bagian muda dari kepala tanaman tempat daun-daun muda tumbuh. Umbut nanas juga dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak.

Cara menggunakannya yaitu pertama hancurkan umbut nanas lalu campurkan dengan sedikit garam halus. Kemudian tempelkan ke bagian gusi anda yang bengkak. Cara tersebut merupakan cara alami dan traditional untuk mengobati gusi bengkak.

5. Garam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam dapat digunakan untuk mengatasi masalah terkait kesehatan pada gigi. Kadar yodium yang terdapat pada garam dapat membasmi bakteri penyebab plak dan karang gigi. Garam juga merupakan antiseptic alami untuk menghilangkan bau dan menjaga kesehatan mulut.  

Cara mengobati gusi bengkak dengan garam :

Larutkan 2 sdm garam menggunakan segelas air hangat, gunakan larutan ini untuk berkumur. Lakukan cara ini setiap anda selesai menyikat gigi untuk membasmi bakteri serta menjaga kesehatan mulut.

6. Lemon

Lemon mempunyai kandungan asam yang berfungsi sebagai alkali alami untuk menjaga keseimbangan kadar ph dalam mulut. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri alami untuk membasmi bakteri penyebab gusi bengkak dan gigi berlubang. Oleh karena itu lemon merupakan obat gusi bengkak alami yang dapat anda gunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan lemon:

Siapkan 1 buah lemon. Peras dan campur air perasan lemon tersebut ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur tiga kali sehari agar bakteri penyebab gusi bengkak benar-benar hilang.

7. Jeruk Nipis

cara mengobati gusi bengkak dengan jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga mampu membasmi bakteri penyebab penyakit mulut seperti gusi bengkak dan sakit gigi.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan jeruk nipis:

Peras 2 buah jeruk nipis dan campurkan pada segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

8. Daun Jambu Biji

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya yaitu menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung anti bakteri, anti inflamasi, dan analgesi yang mampu menjaga kesehatan mulut dan mengempeskan gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakn daun jambu biji sangatlah mudah. Anda cukup mengunyah daun jambu biji atau anda juga dapat merebusnya kedalam segelas air lalu gunakan air rebusan daun biji jambu tersebut untuk berkumur.

9. Bawang Merah

Obat gusi bengkak alami selanjunya yaitu bawang merah. Kandungan antiseptic pada bawang merah dapat membunuh kuman secara efektif.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan bawang merah:

Siapkan satu siung bawang merah. Kemudian tumbuk halus bawang putih dengan 1 sdt garam dan tempelkan pada gusi yang bengkak.

10. Bawang Putih

Sama halnya denga bawang merah, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak alami karena kandungan antiseptic di dalamnya.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan bawang putih:

Siapkan satu siung bawang putih. Kemudian tumbuk halus bawang putih dengan 1 sdt garam dan tempelkan pada gusi yang bengkak.

11. Belimbing Wuluh

Kandungan asam dalam blimbing wuluh mempunyai fungsi sebagai antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut dan mengobati gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan blimbing wuluh :

Siapkan dua buah blimbing wuluh yang belum matang. Kemudian tumbuk blimbing wuluh hingga halus. Untuk menggunakannya, oleskan blimbing wuluh yang telah di tumbuk halus tadi ke bagian gusi bengkak atau gigi yang sakit.

12. Cengkeh

Cengkeh juga dapat dijadikan sebagai obat gusi bengkak alami.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan cengkeh:

Siapkan cengkeh sekupnya. Tumbuk cengkeh hingga halus. Kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit atau gusi bengkak.

13. Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai khasiat untuk mengobati gusi bengkak. Hal tersebut  dikarena merica mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik property.

Cara Mengobati gusi bengkak menggunakan merica.

Siapkan merica dan garam secukupnya lalu campur keduanya. kemudian tuang sedikit air hingga berbentu seperti pasta. Oleskan pada gusi bengkak atau gigi yang sakit.

14. Jahe

Jahe mempunyai kandungan antibakteri yang mampu membunuh bakteri dalam mulut. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan jahe yaitu cukup dengan memarut 1 buah jahe, kemudian peras airnya dan gunakan untuk berkumur.

15. Getah Jarak

Tahukah anda bahwa getah jarang juga mampu untuk mengobati gusi bengkak, karena getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotic yang tinggi.

16. Air Kelapa

air kelapa merupakan antiseptic alami yang juga dapat anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Anda hanya cukup berkumur menggunakan air kelapa alami setelah menggossok gigi.

17. Madu

madu sebagai obat gusi bengkak

Madu merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyakkhasiat untuk kesehatan, diantaranya yaitu untuk mengobati gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan madu cukup mudah, anda cukup mengoleskan madu pada area gusi bengkak. Lakukan secara rutin setelah menggosok gigi.

18. Kantong teh

Obat gusi bengkak selanjutnya yaitu menggunakan kantong teh. Kantong teh mengandung asam tannic yang dapat meredakan infeksi dan iritasi yang di akibatkan oleh gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan kantong teh:

Celupkan kantong teh kedalam air panas beberapa saat. Lalu angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin anda dapat menempelkan kantong teh tadi ke bagian gusi bengkak selama 5-10 menit. Lakukan beberapa kali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

19. Daun Bayam

Bayam mempunyai banyak kandungan zat besi yang berkhasiat untuk menyembuhkan gusi bengkak. Caranyapun cukup mudah. Pertama keringkan beberapa helai daun bayam, biarkan hingga terlihat berwarna coklat dan agak mengering. Lalu tumbuk daun bayam hingga halus. Oleskan tumbukan daun bayam yang sudah halus ke daerah gusi bengkak.

20. Baking Soda

Baking soda mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan baking soda yaitu pertama siapkan setengah sendok teh baking soda dan segelas air hangat. Lalu larutkan baking soda pada segelas air hangat tersebut. Gunakan larutan baking soda untuk berkumur secara rutin 2 kali sehari.

 21. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan minyak hasil ekstrasi dari cengkeh. Minyak cengkeh mempunyai khasiat sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan yang efektif, khususnya peradangan pada tenggorokan dan gusi.

Cara mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh cukup mudah. Anda cukup hanya mengoleskan minyak cengkeh pada area gusi bengkak. Sebelum mengoleskannya pastikan tangan atau media untuk mengoleskan minyak ke gusi benar-benar bersih. Lakukan secara rutin agar gusi bengkak anda segera membaik.

22. Daun Sirih

Obat gusi bengkak alami selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kandungan antiseptic alami yang ada pada daun sirih. Antiseptic pada daun sirih berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang menjadi salah satu penyebab gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan daun sirih:

Rebus beberapa lembar daun sirih dan biarkan hingga dingin. Gunakan hasil rebusan daun sirih untuk berkumur secara rutin 3 kali sehari. Rebusan daun sirih juga aman digunakan untuk mengobati gusi bengkak pada ibu hamil.

23. Ekstrak Almond

Jika balita atau anak-anak anda sedang mengalami gusi bengkak akibat pertumbuhan gigi, anda dapat memanfaatkan ekstrak kacang almond untuk mengobatinya. Cara menggunakanya yaitu cukup dengan mencampurkan ekstrak almond kedalam beberapa tetes air. Lalu oleskan pada area gusi bengkak secara langsung. Selalu pastikan kebersihan media yang anda pakai untuk mengoleskan ke gusi. Lakukan secara rutin agar gusi bengkak segera membaik.

24. Buah Delima

Buah delima mengandung zat anti radang yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang ampuh untuk mengobati gusi bengkak. Untuk mengobati gusi bengkak menggunakan buah delima, anda cukup mengolah buah delima menjadi jus agar mudah untuk dikonsumsi.

25. Minyak Teh Hijau

Obat gusi bengkak alami yang terakhir yaitu minyak teh hijau. Minyak teh hijau mampu mengobati dan meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak. Cukup dengan mengoleskan minyak teh hijau pada gusi bengkak dan memijatnya secara perlahan.

Obat-obatan Medis

obat medis

Jika obat gusi bengkak alami diatas dirasa belum cukup untuk mengobati gusi bengkak anda. Maka alternatif lain yang harus anda ambil yaitu dengan dengan menggunakan obat-obatan medis yang dapat anda beli di apotik. Beberapa obat medis untuk mengobati gusi bengkak yaitu:

26. Asam Mafenamat

Obat medis yang pertama untuk mengobati gusi bengkak yaitu dengan menggunakan Asam mafenamat. Fungsi obat medis ini yaitu untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri akibat gusi bengkak dan sakit gigi. Anda dapat mgonsumsinya 3 kali sehari dengan dosis 500mg setiap kali mengonsuminya.

 27. Obat Anti Nyeri

Anda juga dapat mengobati gusi bengkak menggunakan obat anti nyeri. Salah satu obat anti nyeri yang paling sering di konsumsi untuk meredakan rasa sakit akbiat gusi bengkak yaitu ponstan. Hal tersebut dikarenakan ponstan mengandung asam mafenamat yang berfungsi untuk meredakan nyeri.

28. Obat Antipiretik

Obat antipiretik merupakan obat yang digunakan untuk meredakan panas yang disebabkan peradangan dari gusi yang membengkak. Anda dapat menggunakan obat antipiretik dengan merk dagang sanmol yang memiliki kandungan paracentamol didalamnya.

29. Metampiron

Obat metampiron merupakan obat penghilang rasa sakit yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak. Mungkin sebagiab dari anda kurang familiar dengan obat satu ini, karena obat jenis ini jarang disebut oleh ahli kesehatan.

30. Dexamethasone

Dexamethasone berfungsi untuk mencegah terlepasnya sel-sel tubuh yang dapat menjadi sebab terjadinya pembengkakan pada gusi. Anda dapat mengonsumi obat ini tiga kali dalam sehari atau sesuai anjuran dokter. batas pengonsumsiannya yaitu 0,5 mg sekali minum.

31. Ibuprofen

Obat gusi bengkak selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi ibuprofen. Obat medis ini berfungsi untuk meredakan nyeri akibat peradangan ketika gusi bengkak. Ketika anda mengalami gusi bengkak, konsumsi ibuprofen tiga kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

32. Clindamycin

Clindamycin merupakan obat medis yang dapat digunakan untuik mengpbati gusi bengkak. Kandungan yang terdapat pada obat ini mampu menangkal bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak. Konsumsi clindamycin tiga kali sehari dengan dosis 150 mg sekali minum, atau konsumsi sesuai anjuran dokter.

                Jika anda telah mengonsumsi obat gusi bengkak yang telah disebutkan diatas dan permasalahan gusi bengkak anda belum juga membaik. Maka segeralah konsultasikan permasalahan anda kedokter. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembengkakan yang berkelanjutan.

Semoga anda semua diberi kesehatan dan terhindar dari penyakit gusi bengkak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here