Mengobati Keputihan

Infosehat.id – keputihan merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh semua wanita. Namun jika keputihan terjadi secara terus menerus dan menyebabkan miss V terasa gatal-gatal dan bau, memang terasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri anda ketika melakukan aktifitas sehari hari. Nah jika anda merasa keputihan anda bau dan terasa gatal pada area miss V bisa jadi anda mengalami keputihan yang tidak sehat. maka segeralah mengambil tindakan untuk mengobati keputihan anda. Untuk mengetahui apakah keputihan anda normal atau tidak, maka kenali beberapa tanda-tanda keputihan tidak normal berikut :

Tanda Tanda Keputihan yang Tidak Normal

Berbau

Pada umumnya keputihan yang normal tidaklah berbau. Jika keputihan anda berbau bahkan menyengat atau hampir bisa dikatakan seperti bau busuk. Maka bisa jadi ada bakteri atau kuman yang berkembang biak pada miss V anda.

Berwarna

Ketika dalam keadaan normal keputihan akan berwarna bening dan transparent, atau kadang berwarna putih susu. Namun jika keputihan berwarna hijau pekat, kuning atau bahkan disertai dengan darah maka bisa dipastikan keputihan ini masuk dalam kategori tidak normal.

Menimbulkan Rasa Gatal

Diantara tanda tanda keputihan tidak normal yang lain yaitu ketika area miss V terasa gatal. Rasa gatal ketika mengalami keputihan merupakan salah satu tanda bahwa keptuihan anda tidak normal.

Terasa Nyeri saat Buang Air

Nyeri saat buang air ketika keputihan merupakan tanda bahaya, hal tersebut merupakan tanda bahwa bakteri atau kuman sudah sampai di kandung kemih.

Jika anda mengalami beberapa cirri-ciri  seperti yang disebutkan diatas ketika keputihan maka segera konsultasikan kedokter. Jangan pernah menganggap remeh masalah keputihan.

Artikel Menarik Lainnya:

Namun tahukan anda, sebenarnya banyak cara alami untuk mengobati dan mencegah terjadinya keputihan yang tidak sehat. Berikut kami jabarkan 32 cara mengobati dan menghilangkan keputihan secara alami :

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

1. Kunyit dan Madu

Kunyit mengandung zat anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan keputihan pada miss V. Cukup hanya dengan rutin meminum air parutan kunyit yang dicampur dengan madu 2 kali sehari  maka problem keputihan anda akan segera teratasi.

2. Minum Rebusan Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat keputihan alami yang paling umum digunakan. Karena daun sirih mengandung senyawa yang sangat baik untuk membasmi bakteri penyebab keputihan yang tidak sehat. Lalu bagaimana cara penggunaanya? Anda cukup hanya merebus daun sirih lalu minum air rebusan tersebut. Anda tidak perlu khawatir akan bahaya meminum rebusan air daun sirih, karena rebusan air daun sirih aman dan tidak berbahaya. Air rebusan daun sirih dapat mengangkat bakteri jahat yang ada di miss V ke jalur pembuangan. Hal ini akan menjadikan miss V anda bersih dan tidak terganggu lagi oleh keputihan.

3. Mandi/Basuh Miss V dengan Rebusan Daun Sirih

Cara lain untuk mengobati keputihan dengan daun sirih yaitu dengan membasuh miss V dengan rebusan daun sirih. Cukup hanya dengan merebus daun sirih lalu kemudian memakainya untuk mandi atau membasuhkannya pada miss V maka kondisi miss V anda akan kembali bersih. Cara ini lebih baik dari pada membersihkan miss V menggunakan produk dengan kandungan bahan kimia.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang mengandung zat-zat anti bakteri dan anti jamur. Mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menghambat masuknya bakteri ke area kewanitaan. Bawang putih dapat dikonsumsi dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur.

5. Daun Sambiloto

Bahan alami untuk mengobati keputihan selanjutnya adalah menggunakan daun sambiloto. Seperti halnya daun sirih, cara menggunakannya cukup dengan merebus daun sambiloto lalu meminumnya secara rutin dan teratur. Maka problem keputihan anda akan segera teratasi.

6. Biji Fenugreek

Biji Fenugreek merupakan biji dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek. Mungkin Anda kurang familiar denga tanaman satu ini. Namun perlu anda ketahui bahwa biji fenugreek mampu mengatasi masalah keputihan anda. Caranya yaitu rendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat selama sehari. Lalu saring air hasil rendaman biji fenugreek tersebut, dan kemudian minum. Usakan minum rutin setiap hari sebelum sarapan.

7. Jahe

Jahe merupakan jenis rempah yang sering kali digunakan untuk pengobatan herbal. Faktanya meminum jahe hangat dapat mengobati masalah keputihan. Cukup minum jahe hangat secara rutin, karena kandungan di dalam jahe dapat mengusir bakteri jahat yang menyebabkan keputihan tidak sehat. Anda dapat mengolah sendiri jahe hangat hanya dengan cara merebusnya lalu menyaring air rebusan tersebut.

8. Jus Delima dan Madu

Jus delima mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah mengatasi masalah keputihan. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang penting untuk menjaga tubuh dari perkembangan bakteri yang merigukan, seperti halnya bakteri penyebab keputihan. Konsumsilah jus delima ini minimal satu kali sehari.

9. Pisang

Selanjutnya cara alami untuk mengobati keputihan yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah banyak. Buah pisang diketahui memiliki manfaat untuk menyeimbangkan hormon yang diperlukan oleh organ reproduksi wanita untuk dapat berjalan dengan normal. Hormon hormon reproduksi ketika tidak berada pada kondisi stabil dapat menyebabkan keputihan. Maka dari itu mengonsumsi pisang secara rutin dapat mencegah dan mengobati masalah keputihan yang anda alami.

10. Jus Anggur dan Madu

Cara mengobati keputihan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kandungan zat yang terdapat pada buah anggur. Anggur merupakan salah satu buah yang mengandung zat yang mampu mengusir bakteri serta virus penyebab keputihan. Selain itu, kandungan yang terdapat pada warna anggur diketahui mampu menjaga pH murni dari rongga miss V agar terhindar dari pertumbuhan bakteri penyebab keputihan. Cara mengonsumsinya anda cukup hanya dengan mengolahnya menjadi jus dan mencampurkannya dengan madu agar lebih nikmat.

11. Yogurt

Satu lagi cara alami untuk mengatasi keputihan pada wanita yaitu dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt merupakan makanan yang banyak mengandung probiotik alami yang mampu melawan pertumbuhan bakteri pada rongga rongga miss V. Konsumsilah yogurt secara rutin setiap hari, maka bakteri jahat pada miss V akan musnah dan anda tidak akan mengalami keputihan yang menggangu. Untuk mendapatkan yogurt anda bisa dengan mudah membelinya di market market di sekitar anda.

12. Jus Basil dan Susu

Cara mengatasi keputihan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi jus basil dan susu. Daun basil mempunyai khasiat untuk menjaga tingkat pH pada rongga miss V agar tetap dalam kondisi normal. Anda dapat mengonsumsi jus basil dengan cara membuatnya sendiri, yaitu dengan menghaluskan daun basil kemudian mencampurnya degan susu untuk menambah cita rasanya. Pastikan menggunakan susu yang rendah lemak.

13. Minum Banyak Air Mineral

Ini merupakan cara yang paling mudah dipraktekkan untuk mengatasi masalah keputihan yaitu dengan banyak banyak minum air mineral. Dengan banyak minum air maka bakteri yang berada pada rongga miss V akan ikut larut ke dalam saluran pembuangan. Sehingga bakteri bakteri jahat tidak akan dapat menyebabkan masalah keputihan pada miss V. oleh karena itu, banyak banyaklah minum air mineral ketika anda mengalami masalah keputihan. disamping mudah dipraktekkan cara ini juga paling ampuh untuk mengatasi masalah keputihan.

14. Biji Rami

Biji rami diketahui memeiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kadar lender pada miss V. biji rami merupakan salah satu jenis rempah yang aman untuk dikonsumsi. Manfaat biji rami khususnya terletak pada kemampuanya untuk menstabilkan ronggan pada miss V. anda dapat mengonsumsi biji rami bersama dengan buah alpukat masing-masing satu kali sehari.

15. Air Beras

Satu lagi cara untuk mengatasi keputihan yaitu dengan menggunakan rebusan air beras putih. Carannya ialah dengan merebus beras putih hingga mendidih. Jika sudah mendidih, ambil air tersebut secukupnya kemudian taruh di dalam gelas. Minumlah air rebusan beras putih satu gelas perhari. Jika anda merasa kesulitan untuk meminumnya maka anda bisa menambahkan madu secukupnya. Rebusan air beras putih diketahui mampu membasmi bakteri bakteri jahat penyebab keputihan.

16. Jus Lemon dan Madu

Cara selanjutnya untuk mengatasi keputihan yaitu dengan mengonsumsi jus lemon dan madu. Lemon diketahui memiliki kandungan yang sangat baik sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mengusir racun dalam tubuh, Termasuk juga bakteri penyebab keputihan. Maka dari itu konsumsilah jus lemon dan madu secara rutin setiap hari untuk mengatasi permasalahan terkait keputihan.

17. Makanan Beryodium

makanan yang mengandung yodium terbukti mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu makanan beryodium juga ampuh untuk mengusir bakteri penyebab keputihan. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menghambat terjadinya keputihan. oleh karena itu, selalu konsumsi makanan beryodium dalam jumlah yang cukup agar sistem kekebalan tubuh anda terjaga, dan anda terhindar dari masalah keputihan. salah satu makanan beryodium dan paling sering kita temui ialah garam. Pastikan selalu menyertakan garam di setiap makanan anda.

18. Sayuran Hijau

Sayuran hijau diketahui mampu mengatasi masalah terkait keputihan. Diantara sayuran hijau yang mampu mengatasi masalah keputihan yaitu brokoli, bayam, kubis, dan asparagus. Konsumsilah sayuran hijau secara cukup dan rutin, karena kandungan senyawa pada sayuran hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah bakteri yang menginfeksi miss V dan menyebabkan keputihan. 

19. Membersihkan Pakaian Dalam Secara Rutin

Salah satu penyebab keputihan yang paling sering dialami seorang wanita yaitu kurangnya menjaga kebersihan pakaian dalam. Kebersihan pakaian dalam amatlah penting, karena pakaian dalam yang kotor akan menyebabkan bakteri berkembang biak dengan  cepat. Oleh sebab itu selalu jaga kebersihan pakaian dalam, pastikan untuk selalu mengganti pakaian dalam minimal 3x dalam sehari.

20. Hindari menggunakan Produk Pembersih miss V

Hindari penggunaan produk pembersih miss V.  meskipun produk pembersih miss V tersebut terpublikasi baik digunakan karena mengandung daun sirih, namun nyatanya bahan kimia pada produk tersebut dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh miss V. oleh sebab itu, usahakan untuk tidak memakai produk produk pembersih miss V dan coba cara cara alami untuk membersihkan area kewanitaan.

21. Hindari mengonsumsi makanan berminyak

Hindari mengonsumsi makanan berminyak, karena makanan berminyak sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan khusunys kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi yang terganggu akibat mengonsumsi makanan berminyak yang berlebih dapat menyebabkan keputihan. karena dalam makanan berminyak terkandung banyak lemak didalamnya. Lemak tersebut menyebabkan hormone yang ada dalam tubuh mengalami perubahan. Ketika hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang, maka keputihan pun akan menjadi semakin buruk. Untuk mengatasinya pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih.

22. Hindari Mengonsumsi Kafein

Tips selanjutnya yaitu usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein diketahui dapat meyebabkan terjadinya perubahan hormone estrogen. Keadaan ini tentunya menjadikan keputihan yang seharunya normal menjadi tidak normal. Nilai pH pada rongga miss V pun dapat meningkat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Itulah kenapa mengonsumsi kafein harus dihindari oleh wanita.

23. Gunakan Cuka Apel

Seperti yang telah diketahui cuka apel mempunyai fungsi untuk menjaga normalitas pH pada area miss V. jika pH tidak dalam keadaan normal, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada miss V. Agar pH pada miss V kembali normal manfaaatkan cuka apel dengan cara mengonsumsinya. Untuk mempermudah mengonsumsi cuka apel, anda dapat mencampurkannya denga air hangat dan madu.

24. Biasakan Menggunakan Panty Liner

Selain cara cara yang sudah disebutkan diatas, anda juga dapat memanfaatkan panty liner untuk mengatasi masalah keputihan. panty liner sudah mulai popular dan sudah banyak digunakan masyarakat saat ini. Penggunaan panty liner diketahui sangat baik untuk menjaga kondisi pH pada rongga miss V agar tetap normal. Akan tetapi, selalu gunakan panty liner yang terbuat dari bahan kapas murni. Karena panty liner yang terbuat dari sistesis dapat memperparah kondisi pH pada rongga miss V.

25. Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Pemilihan bahan pada pakaian dalam ternyata dapat mempengaruhi keputihan seseorang. Jika bahan yang dipakai tidak nyaman, maka akan menyebabkan suhu dan kelembapan  di daerah kewanitaan akan meningkat. Peningkatan kelembapan ini dapat menyebabkan meningkatnya perkembangan bakteri jahat. Jika bakteri jahat terus berkembang dan meningkat, bisa dipastikan organ kewanitaan akan mengalami keputihan. untuk menghindari hal tersebut selalu gunakan pakaian dalam dari bahan katun. Karena pakainan dalam dari bahan katun dapat menjaga kelembapan pada area kewanitaan.

26. Hindari Mengonsumsi Makanan Bersuhu Tinggi

Kondisi suhu tubuh yang tinggi ternyata dapat memperburuk kondisi keputihan. jika ingin mengobati masalah keputihan, maka sebelumnya hindarilah makanan yang menyebabkan suhu tubuh menjadi tinggi. Makanan makanan tersebut diantaranya yaitu terong, lemak daging, ikan laut, dan juga nanas. Maka dari itu selalu jaga pola makan anda, jangan memakan makanan yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi.

27. Gunakan Kondom

Saat anda mengalami keputihan, selalu usahakan untuk memakai kondom ketika akan berhubungan seksual. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran bakteri pada rongga miss V, sehingga masalah keputihan tidak bertambah buruk.

28. Hindari Kebiasaan Mandi  Busa

Jika anda mempunyai hobi mandi busa maka segera hentikan jika anda mengalami masalah keputihan. karena kebiasaan mandi busa dapat meningkatkan kelembapan tubuh anda dan meningkatkan intensitas keputihan yang anda alami.

29. Bersihkan miss V Setelah Buang Air dengan Tepat

Membersihkan miss V dengan tepat setelah buang air juga dapat menurunkan resiko keputihan yang buruk. Pasalnya, masih banyak masyarakat kita kurang tepat dalam membersihkan miss V setelah buang air. Umumnya masyarakat membersihkan miss V dari belakang ke depan. Padahal seharunya membersihkan miss V yang tepat dilakukan dari depan ke belakang. Lebih baik lagi jika menggunakan air mengalir. Pembersihan yang tepat dapat mengangkat bakteri jahat keluar dari rongga miss V.

30. Biasakan Menjaga Kebersihan miss V

Agar selalu terhindar dari masalah keputihan pastikan anda selalu menjaga kebersihan pada area miss V. hal ini dapat dilakukan dengan mandi secara rutin dan mengganti pakaian dalam secara rutin. Jika anda tidak terbiasa untuk hidup bersih maka dapat dipastikan anda akan mengalami masalah keputihan. maka selalu jagalah kebersihan dan kesehatan anda.

31. Lakukan Olah Raga Yoga Secara Rutin

Yoga merupakan salah satu olah raga yang mana gerakan gerakannya diketahui mampu menyeimbangkan produksi hormon hormon pada wanita. Hal ini yang menjadi alasan mengapa yoga menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah keputihan. disamping itu olah raga yoga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

32. Konsumsi Obat Antibiotik Atas Resep Dokter

Cara mengatasi masalah keputihan yang terakhir adalah dengan cara mengonsumsi obat antibiotik. Walaupun tidak sepenuhnya alami, namun obat anti biotik terbukti paling ampuh untuk mengatasi masalah keputihan. untuk lebih aman, selalu konsumsi anti biotik dengan resep dokter agar dosis yang diberikan pas dan sesuai kebutuhan.

Demikian 32 cara untuk mengobati dan mengatasi masalah keputihan. selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here