mengobati sariawan

Infosehat.id – Sariawan merupakan penyakit yang hampir semua orang mungkin pernah merasakannya. Sariawan bisa menyerang siapa saja tak perduli umur, dari anak-anak hingga orang dewasa. Sariawan biasa terjadi pada lidah, bibir dan daerah pipi bagian dalam. Anda sedang mencari cara mengobati sariawan tapi masih bingung menentukan obatnya? Bagi anda yang lagi mencari obat sariawan, untuk mengobati sariawan tidak melulu harus dengan obat resep dokter. Tahukah anda, ternyata banyak bahan alami dan tumbuhan disekeliling kita yang dapat difungsikan sebagai obat sariawan alami. Sebelum infosehat.id jelaskan macam-macam obat sariawan alami untuk mengobati sariawan, alangkah baiknya anda mengetahui apa sih penyebab sariawan??.

Penyebab Sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada lidah, dasar gusi, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan dapat muncul satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidaklah menular.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah kurangnya vitamin B12 dan/atau asam folat dalam tubuh, daya tahan tubuh melemah, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang perubahan hormon juga dapat menyebabkan sariawan, seperti halnya menstruasi atau hamil.

Pada beberapa kasus, trauma pada jaringan mulut juga dapat menyebabkan sariawan. Misalnya ketika lidah atau bibir anda tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam, atau menyikat gigi terlalu keras hingga melukai gusi.

Kabarnya, terlalu banyak berfikir atau stress juga dapat membuat anda sariawan lo…

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Berbagai Obat Sariawan Alami, termasuk Obat sariawan di Lidah

obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak

Sariawan memang termasuk dalam kategori penyakit yang tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika sariawan terjadi pada diri anda bukan tidak mungkin anda akan kehilangan nafsu makan, hingga kehilangan nafsu untuk berbicara. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Oleh karena itu, segera atasi sariawan anda yang membandel dengan berbagai jenis obat sariawan herbal dibawah ini:

1. Air Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai manfaat sebagai obat sariawan alami. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang berfungsi untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Selain itu, garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang bersarang di lidah dan bibir.

Cara penggunaanya pun cukup mudah: cukup dengan mencampuran setengah sendok teh kedalam satu gelas air hangat. Aduk hingga rata, lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Kemudian bilas dengan meminum air putih. Lakukan hal ini rutin hingga sariawan anda membaik.

2. Minyak Kelapa

Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya buah bahkan batang, daun serta serabutnya pun dapat dimanfaatkan. Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat berfungsi untuk membangun kekebalan tubuh dan dapat merusak bakteri pantogen.

Kelapa juga diyakini mampu menjadi obat sariawan di lidah maupun di bibir. Kelapa dapat mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami cukuplah mudah. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang terkena sariawan. Untuk hasil yang maksimal anda juga dapat mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Lakukan 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan tampak mengempis.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati sariawan. Bawang putih mentah mempunyai kandungan senyawa alisin yang mampu menghambat pertumbuhan jamur dan juga mencegah aktifitas bakteri di dalam tubuh.

Cara menggunakan bawang putih unutk obat sariawan alami cukup mudah. Anda cukup memotong bawang putih lalu gunakan irisan bawang putih pada sariawan dengan cara mengoleskannya.

4. Es Batu

es batu sebagai obat sariawan alami

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah atau dimulut akan mengalami pembengkakan dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan untuk mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan anda dapat mengompresnya menggunakan es batu yang di bungkus kain lembut. Rasa dingin dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami untuk meredakan rasa nyeri. Jika kesulitan, anda cukup mengulum es batu pada bagian lidah yang sariawan. karena sensinya yang sejuk dan dingin es batu juga dapat digunakan untuk obat sariawan anak.

5. Kantong Teh

Setalah anda menyeduh teh celup pastikan untuk tidak membuang kantong tehnya. Pasalnya kantong teh dapat berfungsi sebagai obat sariawan alami. kantong teh yang bersifat basa dapat menetralkan lingkungan asam di dalam mulut. Selain itu, kandungan tannin pada teh juga mampu meredakan sariawan.

menurut American Academy of Periodontology. Sisa teh yang diseduh  dapat membantu mengurangi resiko penyakit gusi dan meningkatkan kesehatan gusi.

Cara menggunakanya cukup mudah, anda cukup hanya menempelkan kantong bekas seduhan teh selama kurang lebih lima menit pada area sariawan.

6. Yogurt Tanpa Gula

Tahukah anda bahwa yogurt dapat digunakan sebagai obat sariawan di lidah dan di bibir?. Yogurt mengandung probiotik alami yang mempunyai khasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur. Bakteri lactobacillus yang ada pada yogurt akan menyebar kedalam tubuh melalui usus sehingga kekebalan tubuh akan meningkat.

Cara menggunakan yogurt sebagai obat sariawan alami cukup mudah. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung pemanis, karena gula memberikan lingkungan yang kondusif pada jamur untuk tumbuh. Anda dapat meminum yogurt secara langsung atau hanya cukup mengoleskan yogurt pada daerah sariawan lalu diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya.

7. Air Kayu Manis

Ternyata kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami. Hal ini terkait karena kayu manis memiliki sifat anti-parasit dan anti-jamur. Kayu manis efektif untuk mengobati sariawan di lidah dan di mulut.

Cara menggunakannya :

Rebus atau rendam sepotong kayu manis di 1.5 cangkir air panas selama 5 menit. Biarkan air rendaman kayu manis hingga dingin, setelah dingin gunakan air kayu manis untuk berkumur. Cara ini bisa digunakan sebagai obat sariawan pada ibu hamil dengan syarat kayu manisnya tidak terlalu banyak. Karena kandungan vitamin C yang tinggi pada kayu manis dapat membahayakan kesehatan janin.

8. Madu

cara mengobati sariawan menggunakan madu

Obat sariawan alami selanjutnya yaitu madu. Siapa sih yang tidak tahu madu?? Telah kita ketahui bahwa madu mempunyai banyak sekali khasiat. Salah satunya yaitu sebagai obat sariawan,  madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan perih dan mempercepat proses pemulihan. Madu juga efektif sebagai obat sariawan di lidah dan di bibir. selain itu madu juga bagus untuk obat sariawan anak.

Cara menggunaknnya pun cukup mudah, anda hanya cukup mengoleskan madu pada daerah sariawan. Lakukan hal ini dengan rutin sampai sariawan ada sembuh.

9. Lidah Buaya

cara mengobati sariawan menggunakn lidah buaya

Umumnya lidah buaya digunakan untuk perawatan rambut. Namun tahukan anda, bahwa lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami lho. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, kandungan lidah buaya juga berfungsi sebagai penghilang nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat sariawan di lidah dan di bibir cukup mudah. Pertama siapkan lidah buaya asli, cuci hingga bersih, oleskan daging atau getah lidah buaya secukupnya langsung pada area sariawan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Pisang

Selain kandungan vitamin C pada buah pisang yang bermanfaat bagi tubuh. Ternyata buah pisang juga dapat di gunakan sebagai obat sariawan alami.

Cara mengobati sariawan menggunakan pisang yaitu pertama siapkan buah pisang yang akan digunakan untuk mengobati sariawan, kemudian haluskan pisang hingga lembut, lalu tambahkan madu dan aduk hingga rata. Oleskan campuran pisang dan madu tersebut pada area sariawan dan diamkan sekitar 10 menit. Lalu bersihkan dengan cara berkumur. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

11. Tea Tree Oil

Minyak tea tree mempunyai kandungan anti jamur dan anti bakteri yang baik menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak tea tree juga dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri serta mampu mempercepat pemulihan.

Cara mengobati sariawan menggunakan minyak tree oil:

Teteskan minyak tea tree ke dalam segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari sampai sariawan anda membaik.

12. Susu

Kandungan kalsium dalam susu dapat melawan bakteri yang memnyebabkan luka. Lemak yang terkandung dalam susu juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses pernyembuhan. Tak heran susu dapat digunakan sebagai obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak. Anda hanya cukup mengonsumsi susu secara rutin selama masa penyembuhan sariawan. Susu juga dapat di gunakan untuk obat sariawan anak.

13. Kunyit

Kunyit mengandung zat aktif yang disebut dengan kurkumin, selain warnanya yang khas, kunyit juga dikenal dengan kandungan antibiotiknya. Oleh sebab itu, kunyit sangat bagus digunakan sebagai obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak. Untuk menggunakanya anda cukup mengoleskan irisan kunyit pada area sariawan.

Cara lain untuk mengobati sariawan dengan kunyit :

Siapkan kunyit yang akan di pakai sebagai obat sariawan. Parut hingga lembut. Seduh kunyit dengan air mendidih. Diamkan hingga dingin. Dan konsumsi seduhan kunyit tersebut secara rutin. Untuk hasil yang maksimal anda dapat mencampurkan madu ke dalamnya.

14. Jus Cranberry

Cara mengobati sariawan selanjutnya yaitu dengan cara mengonsumsi jus cranberry. Kandungan dalam cranberry mampu menghilangkan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat. Konsumsi jus cranberry sebelum makan agar sariawan anda cepat sembuh.

15. Tomat

Obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kandungan vitamin C pada buah tomat. Makan tomat mentah setidaknya 3-4 kali sehari dapat menyembuhkan sariawan secara alami.

16. Daun Basil

Daun basil juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami untuk dewasa dan anak-anak. Cukup kunyah daun basil ketika anda mengalami sariawan sebab daun basil memili kandungan dan sifat obat.

17. Daun Kemangi

Kandungan yang terdapat dalam daun kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak. Cara mengobati sariawan dengan daun kemangi yaitu cukup dengan mengunyahnya 3-4 kali sehari. Jangan lupa berkumur setelah melakukannya. Lakukan aktifitas ini sampai sariawan anda sembuh.

18. Daun Seledri

Cara mengobati sariawan secara alami selanjutnya yaitu dengan daun seledri. Caranya yaitu ambil beberapa daun seledri lalu tumpuk hingga lembut dan oleskan pada area sariawan. Diamkan hingga 5-10 menit. Lalu berkumurlah dengan air bersih.

19. Biji Jeruk Bali

Ekstrak biji jeruk bali mengandung anti biotik kuat yang mampu menghacurkan kuman yang menyebabkan infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan yang terdapat pada biji jeruk bali dapat melindungi kulit yang terluka disekitar sariawan serta mencegah peradangan pada saat mengalami sariawan.

Cara mengobati sariawan secara alami menggunakan biji jeruk bali cukup mudah. Anda hanya perlu mengekstak biji jeruk bali lalu menyampurkannya pada secangir air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur setelah anda menggosok gigi. Ulangi perawatan ini 3 kali sehari.

Ada banyak sekali pilihan obat sariawan alami untuk orang dewasa dan anak-anak. Namun tentu saja seperti pepatah bilang, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Setelah anda sembuh dari sariawan pastikan anda mencegah sariawan dating kembali. Berikut tips dan cara mencegah sariawan agar tidak sering kambuh :

Cara mencegah sariawan agar tidak kambuh

  • Perhatikan pola makan anda.

hindari memakan makanan yang dapat mengiritasi mulut anda, seperti keripik, kacang, pretzel, makanan asin, buah-buahan asam, seperti nanas, jeruk bali, jeruk. Dan hindari makan makanan yang membuat anda sensitive dan alergi.

  • Konsumsi makanan sehat

Konsumsi sayur serta buah-buahan dan gandum utuh untuk mencegah kekurangan gizi yang dapat menyebabkan sariawan.

  • Biasakan menjaga kebersihan mulut

Menyikat gigi secara teratur setelah makan dan menggunakan benang gigi sekali sehari dapat menjaga mulut anda selalu bersih dari sisa makanan yang dapat menimbulkan luka dan tumbuhnya bakteri penyebab sariawan. Pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang halus agar tidak terjadi iritasi pada gusi dan jaringan lembut lain. Dan hindari menggunakan sikat gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate.

  • Lindungi mulut anda

Bagi anda yang menggunakan perlengkapan gigi atau alat gigi lain, coba tanyakan kedokter gigi tentang lilin ortodontik untuk menutupi ujung yang tajam.

  • Kurangi stress

Faktanya sariawan seringkali muncul ketika seseorang mengalami stress. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat membekali diri anda dengan meditasi, yoga, dan teknik pernapasan dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here