Cara untuk menjaga kesehatan mata

Infosehat.id – Mata merupakan salah satu panca indra yang amat penting bagi manusia, namun seringkali kita lupa dan acuh akan kesehatan mata kita. Tak pernah terfikir bagaimana seandainya terjadi sesuatu dengan mata kita (penyakit mata) sehingga menghalangi kita dalam beraktifitas dan menjalani hidup. Untuk menghindari hal tersebut jagalah kesehatan mata mulai sekarang, jangan menuggu sakit!!! Berikut 12 tips dan cara untuk merawat kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata :

12 Cara Merawat Kesehatan Mata

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata

Konsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata

Penelitian menunjukkan fakta bahwa makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menaggulangi masalah mata terkait usia, Misalnya degenerasi manula dan katarak. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi banyak buah-buhan dan sayur-sayuran seperti bayam, papaya, labu, jeruk, pistachio, custard apple, salmon, tuna dan lain sebagainya.

2. Hindari terlalu lama menatap layar alat elektronik

Hindari terlalu lama menatap layar alat elektronik untuk menjaga kesehatan mata

Menatap layar elektronik seperti komputer dan handphon terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, pusing, mata kering, sakit leher dan bahu, pandangan kabur, serta sulit fokus menatap objek yang jauh. Untuk mencegah hal tersebut usahakan tidak menatap layar komputer dan handphon secara intens atau terus menerus. Usahakan memejamkan mata kurang lebih 10 detik sebelum beralih pandangan dari layar elektronik.

3. Jangan membaca di tempat dengan pencahayaan yang minim

Jangan membaca di tempat dengan pencahayaan yang minim untuk menjaga kesehatan mata

Membaca dengan cahaya minim juga dapat berpengaruh pada kesehatan mata. Oleh karena itu hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup karena dapat menyebabkan mata tegang.

4. Hindari/jangan merokok

Hindari/jangan merokok

Pada umumnya merokok selalu dihubung-hubunkan dengan penyakit paru-paru dan jantung. Namun faktanya merokok juga dapat meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi manula dan kerusakan optik yang dapat merusak retina bahkan mampu menyebabkan kebutaan.

5. Gunakan sunglass atau kacamata hitam pelindung UV

Gunakan sunglass atau kacamata hitam pelindung UV

Matahari di jam-jam tertentu mengandung sinar UV (UVA dan UVB) yang dapat meyebabkan kangker kulit dan gangguan pada mata.  Dalam jangka panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari dapat meyebabkan mata katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata, dan gangguan mata lainnya. Oleh karena itu, usahakan selalu menggunakan kaca mata hitam atau kaca mata khusus pelindung dari sinar UV guna menghindari paparan sinar UV berlebihan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

6. Gunakan pelindung mata disaat yang tepat

Bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya dapat mempengaruhi kesehatan mata, oleh karena selalu itu pastikan memakai kaca mata atau pelindung mata.

7. Hindari melihat cahaya terang secara langsung

Melihat cahaya terang atau matahari secara langsung dapat berpengaruh negatif pada kesehatan mata. Maka sebab itu sebaiknya sebisa mungkin untuk tidak melihat cahaya terang secara langsung.

8. Buang riasan mata jika sudah 3 bulan digunakan

Jika anda termasuk pengguna riasan mata bentuk cair atau krim maka pastikan sudah berapa lama make up anda telah digunakan. Karena bakteri dapat tumbuh dengan mudah pada make up atau riasan mata yang sudah terlalu lama digunakan. Usakan membuang dan mengganti make up anda jika sudah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan make up atau rias mata anda kepada orang lain. Pastikan selalu mencuci wajah sebelum dan sesudah menggunakan make up. Jika terjadi iritasi atau infeksi mata ketika mengenakan make up, bersihkan riasan dan segera konsultasi kedokter mata terdekat.

9. Hindari penggunaan tetes mata secara berlebihan

Merupakan hal yang wajar ketika seseorang menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata merah. Namun disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.

10. Gunakan mentimun

Mentimun juga baik untuk kesehatan mata. Irisan mentimun dapat mencegah mata bengkak dengan cara menaruhnya di atas kelopak mata selama kurang lebih 10 menit sebelum tidur di malam hari.

11. Jangan terlalu lama menggunakan lensa kontak

Bagi anda kaum milenial mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan lensa kontak. Namun tahukan anda bahwa penggunaan lensa kontak berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Karena itu hindarilah menggunakan lensa kontak secara berlebihan, gunakan lensa kontak tidak lebih dari 19 jam.

12. Periksakan secara rutin ke dokter

Setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis secara rutin, baik itu anak-anak maupun orang dewasa dianjurkan memeriksakan mata setidaknya 2 tahun sekali. Hal ini untuk mendeteksi atau mencegah gejala pada mata akibat penyakit tertentu.

Bahkan orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun dianjurkan untuk memeriksa mata setidaknya 1 tahun sekali. Hal ini untuk mendeteksi dan menanggulangi penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti katarak, degenerasi makuula dan glaukoma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here